PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR OLEH GURU KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Haifa Marta SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik

Abstract

Platform Pengajaran Mandiri (PMM) merupakan aplikasi yang memudahkan guru dalam mengajar, menilai siswa, dan memberikan pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan serta menginspirasi rekan-rekannya. Dengan platform ini, guru dapat meningkatkan kinerjanya melalui kreativitas yang dikembangkan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan platform belajar mandiri ini demi meningkatkan kinerja guru SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan internal In House Training (IHT) yang memperkenalkan dan menggunakan platform pengajaran mandiri yang dapat dijadikan acuan oleh guru untuk mencapai pembelajaran dalam suatu kurikulum. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini langkah-langkah yang dilakukan terkait pengenalan platform pengajaran mandiri ini adalah pemaparan dasar terkait program penelitian mandiri dan penjelasan proyek dalam rangka penguatan catatan insidentil pelajar Pancasila, pameran, dan praktik langsung penggunaan platform pengajaran mandiri. Patform pengajaran dan pengawasan ini bersifat independen. Pelatihan In House Training (IHT) ini sangat penting untuk dilakukan khususnya mengenai penggunaan platform mengajar mandiri (PMM) ini, dengan tujuan agar para guru dapat mengakses dan menggunakan berbagai fitur yang bermanfaat untuk mendampingi dan merealisasikan pembelajaran dengan siswa dengan cara kursus mandiri. Hasil dari penelitian ini, sebagian besar guru dapat menggunakan platform ini untuk menerapkan pemrograman mandiri, serta menggunakannya hingga melangka

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 24, 2024
How to Cite
MARTA, Haifa. PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR OLEH GURU KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 611-619, may 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7721>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7721.