Lesson Study as A Model Of Teacher Professional Development: Case Study In Learning Community Context

  • Tri Budianti SMPN 56 Bandung

Abstract

Percepatan perubahan terjadi di semua lini, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu dampaknya adalah perubahan kurikulum yang cepat, sementara guru belum sepenuhnya menguasai kurikulum sebelumnya. Di SMPN 56 Bandung, sebagian besar gurunya adalah guru milenial yang mengalami hal serupa. Meskipun hal ini potensial, mereka membutuhkan wadah untuk menyelesaikan permasalahan, seperti menyalahkan siswa, eksplorasi yang kurang, dan manajemen waktu yang belum terkontrol.


Untuk mengatasi hal ini, SMPN 56 Bandung menerapkan kegiatan lesson study. Pendekatan ini melibatkan kolaborasi antar guru dalam merancang, mengajar, mengamati, dan menganalisis pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa. Komunitas belajar guru terbentuk dan mereka mulai membiasakan diri untuk mengutarakan permasalahan serta membuat rancangan pembelajaran bersama-sama.


Tahapan lesson study, yaitu plan, do, dan see, dilaksanakan secara bertahap. Meskipun masih ada tahap yang kurang optimal, terutama pada tahap perencanaan, lesson study telah membantu guru dalam menyelesaikan masalah dan meningkatkan hasil belajar siswa, seperti pada pelajaran Bahasa Inggris dan Sistem Klasifikasi 5 Kingdom.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 24, 2024
How to Cite
BUDIANTI, Tri. Lesson Study as A Model Of Teacher Professional Development: Case Study In Learning Community Context. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 601-610, may 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7720>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7720.