Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pelajaran Matematika

  • Muhammad Alfin Fanani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Zaimatul Wafiroh Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Husnul Yaqin UPT SMP Negeri 15 Gresik

Abstract

Indonesia telah menetapkan berpikir kritis sebagai salah satu tujuan pembelajaran melalui penerapan Kurikulum Merdeka. Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi solusi untuk menghasilkan lulusan pendidikan yang kompeten dalam berpikir kritis. Penggunaan strategi pembelajaran diferensiasi dapat memberikan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik (kemampuan awal peserta didik) sehingga kebutuhan belajar peserta didik dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII F di UPT SMP Negeri 15 Gresik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan strategi berdiferensiasi. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada materi Bangun Ruang. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2023. Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik di UPT SMP Negeri 15 Gresik kelas VIII F yang terdiri dari 32 peserta didik dengan peserta didik laki-laki berjumlah 17 orang dan perempuan berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I dan II diperoleh nilai 93% dengan kriteria sangat baik. Hasil persentase berpikir kritis yang dilihat dari empat indikator di antaranya interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi pada siklus I diperoleh nilai 54,49% dengan kriteria rendah serta mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh nilai 62,89% dengan kriteria sedang. Berdasarkan penelitian yang dikembangkan dapat ditarik kesimpulan bahwasanya penerapan PBL dalam pembelajaran berdiferensiasi mampu menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2024
How to Cite
FANANI, Muhammad Alfin; WAFIROH, Zaimatul; YAQIN, Muhammad Husnul. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pelajaran Matematika. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 537-548, feb. 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7426>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7426.