Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Tegak

  • Imylia Kirana Candra Dewi Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi bangun ruang kelas VIII. Penelitian ini dilakukan karena, peserta didik kesulitan dalam


menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, karena peserta didik tidak terbiasa. Oleh karena itu, digunakan pembelajaran berdiferensiasi sebagai wadah pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning dengan mengajak peserta didik turut aktif dalam proses pembelajaran dan memberikan wadah peserta didik sesuai dengan kebutuhannya.


       Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 2 Candi, Sidoarjo Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 36 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan berpikir kritis, dan modul ajar.


         Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 2 Candi, karena pembelajaran di fokuskan pada kebutuhan peserta didik, selain itu peserta didik juga turut aktif dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan tes kemampuan awal pada tahap pra siklus, kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kategori sangat kurang baik. Pada siklus 1, meningkat menjadi kategori Cukup, dan terus meningkat pada siklus 2 pada kategori Baik. Pada siklus 2 telah memenuhi kriteria keberhasilan yakni sebesar 76% dan memenuhi kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2024
How to Cite
DEWI, Imylia Kirana Candra. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Tegak. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 527-536, feb. 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7425>. Date accessed: 22 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7425.