Penerapan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika

Authors

  • Alya Azhari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Olivia Khufyatul Adhimah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Syaiful Huda Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7305

Keywords:

Kuis interaktif; Minat belajar; Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada proses pembelajaran pasca Covid 19 yaitu rendahnya minat belajar matematika pada peserta didik. penerapan kuis interaktif diharapkan mampu meningkatkan minat belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas 7 SMPN 3 Candi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Diperoleh hasil penelitian  adanya peningkatan minat belajar matematika peserta didik yang ditunjukkan dengan meningkatnya banyak peserta didik dengan minat belajar tinggi dan menurunnya banyak peserta didik dengan minat belajar rendah. Pada siklus I tidak ditemukan peserta didik dengan minat belajar rendah, terdapat 20 peserta didik dengan minat belajar sedang dan 16 peserta didik dengan minat belajar tinggi sedangkan pada siklus II tidak ditemukan peserta didik dengan minat belajar rendah, terdapat 14 peserta didik dengan minat belajar sedang dan 22 peserta didik dengan minat belajar tinggi.

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Azhari, A., Adhimah, O. K., & Huda, S. (2024). Penerapan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 444–454. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7305