Penerapan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada proses pembelajaran pasca Covid 19 yaitu rendahnya minat belajar matematika pada peserta didik. penerapan kuis interaktif diharapkan mampu meningkatkan minat belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas 7 SMPN 3 Candi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Diperoleh hasil penelitian adanya peningkatan minat belajar matematika peserta didik yang ditunjukkan dengan meningkatnya banyak peserta didik dengan minat belajar tinggi dan menurunnya banyak peserta didik dengan minat belajar rendah. Pada siklus I tidak ditemukan peserta didik dengan minat belajar rendah, terdapat 20 peserta didik dengan minat belajar sedang dan 16 peserta didik dengan minat belajar tinggi sedangkan pada siklus II tidak ditemukan peserta didik dengan minat belajar rendah, terdapat 14 peserta didik dengan minat belajar sedang dan 22 peserta didik dengan minat belajar tinggi.