Penerapan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika

  • Alya Azhari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Olivia Khufyatul Adhimah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Syaiful Huda Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada proses pembelajaran pasca Covid 19 yaitu rendahnya minat belajar matematika pada peserta didik. penerapan kuis interaktif diharapkan mampu meningkatkan minat belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas 7 SMPN 3 Candi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Diperoleh hasil penelitian  adanya peningkatan minat belajar matematika peserta didik yang ditunjukkan dengan meningkatnya banyak peserta didik dengan minat belajar tinggi dan menurunnya banyak peserta didik dengan minat belajar rendah. Pada siklus I tidak ditemukan peserta didik dengan minat belajar rendah, terdapat 20 peserta didik dengan minat belajar sedang dan 16 peserta didik dengan minat belajar tinggi sedangkan pada siklus II tidak ditemukan peserta didik dengan minat belajar rendah, terdapat 14 peserta didik dengan minat belajar sedang dan 22 peserta didik dengan minat belajar tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 27, 2024
How to Cite
AZHARI, Alya; ADHIMAH, Olivia Khufyatul; HUDA, Syaiful. Penerapan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 444-454, jan. 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7305>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7305.