Pengembangan Media Edukasi Fraction Math Berbasis Android
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media fraction math berbasis android serta untuk mengetahui bahwa media layak dan efektif digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model 4D yang terdiri atas Pendefinisian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Desseminate). Subjek penelitian ini adalah media fraction math untuk peserta didik kelas III, IV, dan V UPT SD Negeri 51 Gresik dengan jumlah 65 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi, dan lembar angket. Hasil yang diperoleh yaitu: 1) Dari segi materi, media memperoleh presentase sebanyak 91,6% dengan kriteria sangat valid. Dari segi media, memperoleh presentase sebanyak 92,5% dengan kriteria sangat valid. Validator menyatakan bahwa media fraction math sangat valid dengan sedikit revisi dan layak diujicobakan. 2) Media edukasi fraction math memperoleh hasil 83,56% dengan kriteria sangat baik. Sehingga media fraction math dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran.