ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DESA LARANGAN TOKOL KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN MADURA TERHADAP KHASIAT MINUMAN POKAK SUSU DAN MINUMAN SEREH PANDAN WANGI

  • Farizah Izazi universitas hang tuah
  • Nani Wijayanti Universitas Hang Tuah

Abstract

Pengobatan tradisional banyak mendapatkan perhatian baik dikalangan masyarakat maupun pakar di bidang kesehatan, selain itu pengobatan Obat tradisional dapat menjadi alternatif dalam pemulihan kesehatan manusia. Jamu dari madura merupakan jamu yang bervariasi dan juga terkenal di antara jamu lainnya. Ketenaran disebabkan oleh fungsi jamu yang berdasarkan pandangan peramu dan penggunaan jamu memiliki khasiat untuk segala macam penyakit dan dimanfaatkan secara turun temurun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat pengetahuan masyarakat Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan tentang khasiat dari minuman pokak susu dan  minuman sereh pandan wangi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online  dan ofline dalam bentuk googleform yang disebarkan melalui whatsapp. Hasil penelitian didapatkan skor rata-rata pengetahuan dengan nilai 7,184. Rata –rata skor tersebut masuk dalam kategori baik dengan rentang skor 6,6-8,0. Berdasarkan data tersebut skor responden paling banyak adalah skor dengan kategori sangat baik dengan jumlah responden 54. Hasil dari Uji Korelasi Spearman Hubungan Antara Kategori Usia Dengan Tingkat Pengetahuan  menunjukkan bahwa usia dengan tingkat pengetahuan  memiliki hubungan yang ditandai dengan nilai (P value = 0,000). dimana syarat signifikansi p>0,05 dan nilai R 0,513 yang menunjukkan adanya korelasi yang sedang.


Kata kunci :Tingkat Pengetahuan, Pokak susu,Pandan wangi, Pamekasan, Skala Guttman

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 30, 2023
How to Cite
IZAZI, Farizah; WIJAYANTI, Nani. ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DESA LARANGAN TOKOL KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN MADURA TERHADAP KHASIAT MINUMAN POKAK SUSU DAN MINUMAN SEREH PANDAN WANGI. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Science (HERCLIPS), [S.l.], v. 5, n. 01, p. 81-90, oct. 2023. ISSN 2715-0518. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/herclips/article/view/6449>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/herclips.v5i01.6449.