Analisis Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Buah Rambusa (Passiflora foetida L.) Terhadap Zona Hambat Pertumbuhan Bakteri Escherichia coli

  • Nugroho Eko Wirawan Budianto Program Studi S1 Kedokteran Umum, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Nugrahadi Dwi Pasca Budiono

Abstract

Tumbuhan yang salah satunya berkhasiat di Indonesia adalah Rambusa (Passiflora foetida L.). Buah Rambusa terkandung beberapa zat kimia diantaranya flavonoid, alkaloid, triterpenoid dan steroid yang memberi efek sebagai antibakteri. Tanaman ini bagi masyarakat awam sebagai antibakteri jarang digunakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas dan konsentrasi antibakteri yang efektif dari ekstrak buah rambusa terhadap pertumbuhan bakteri Escherechia coli. Metode penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental yang menggunakan metode Only Post Test Control Group Design. Uji antibakteri dilakukan dengan menggunakan disc diffusion dengan menggunakan Media Agar Mueller Hinton dengan besar sampel yang diambil adalah 24 sampel dengan masing-masing sampel terdapat 4 kali pengulangan yang terdiri 6 kelompok yaitu konsentrasi uji 20%, 40%, 80%, 100%, kontrol positif (Chloramphenicol) dan kontrol negatif (Aquabidest). Hasil penelitian ini yaitu konsentrasi hambat minimal terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli di konsentrasi 20% dan 40% adalah 0 mm sedangkan di konsentrasi 80% rata-rata diameter zona hambat 11,75 mm dan juga di konsentrasi 100% rata-rata diameter zona hambat 11,65 mm. Bagian dari kontrol negatif dengan rata-rata diameter zona hambat 0 mm sedangkan kontrol positif dengan rata-rata diameter zona hambat 35,25 mm.


Kata kunci: Passiflora foetida L, Escherichia coli, Antibakteri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 24, 2023
How to Cite
BUDIANTO, Nugroho Eko Wirawan; PASCA BUDIONO, Nugrahadi Dwi. Analisis Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Buah Rambusa (Passiflora foetida L.) Terhadap Zona Hambat Pertumbuhan Bakteri Escherichia coli. Journal of Herbal, Clinical and Pharmaceutical Science (HERCLIPS), [S.l.], v. 5, n. 01, p. 48-57, oct. 2023. ISSN 2715-0518. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/herclips/article/view/6205>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/herclips.v5i01.6205.