Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret

Authors

  • Muhammad Nanang Ferdiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7432

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Keaktifan Belajar, Media Konkret

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media konkret di kelas IX SMPN 4 Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan karena mengetahui peserta didik kelas IX SMPN 4 Sidoarjo yang pasif pada saat pembelajaran. Oleh karena itu perlu solusi agar keaktifan peserta didik dapat ditingkatkan, diantaranya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media konkret. Media pembelajaran konkret merupakan salah satu alat bantu mengajar yang dapat digunakan oleh guru agar dapat meningkatkan semangat dan minat belajar peserta didik sehingga peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas IX C SMP Negeri 4 Sidoarjo tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 35 peserta didik. Prosedur penelitianya yaitu, plan, do, see, refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan belajar.

Hasil dari penelitian ini yaitu, penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan proses berbantuan media konkret dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IX-C, yaitu 40% peserta didik aktif belajar berkategori minimal sedang pada pra siklus, menjadi 62,68% pada siklus 1, dan 71,43% pada siklus 2..

 

References

Andayani, E. S. (2022). Praktik Pengalaman Lapangan (PPG Prajabatan 2022).
Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Widyadari Jurnal Pendidikan, 24(1), 55–63. https://doi.org/10.5281/zenodo.7813406
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Breaux, & Mage. (2010). Making A Difference: Meeting Diverse Learning Needs with. Differentiated Instruction. Alberta Education.
Dwisa, S. O. M., Maryono, & Sholeh, M. (2022). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kelas V SDN 078 /I Teluk Ketapang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1036–1045.
Febriana, Siwi, D. A., & Rahayu, C. P. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Benda Kongkret. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 17–23. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.110
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan BSKAP Nomor 033 tahun 2022 tentang capaian pembelajaran.
Kemmis, S., & MCTaggart. (1988). The Action Research Planner (Third Edit). Deakin University Press.
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Oktavianingtyas, E. (2015). Media untuk mengefektifkan pembelajaran operasi hitung dasar matematika siswa jenjang pendidikan dasar. Jurnal Pancaran Pendidikan, 4(4), 207–218.
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., SYahrul, M., Latif, N., Prihastari, E. B., Aini, K., Zakaria, & Hidayati. (2022). Penelitian Tindakan kelas. Pradina Pustaka.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
Prayitno, M. A. J. I. (2022). Implementasi metode tutor sebaya sebagai upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas x. 108.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Rovita, R. (2023). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI COOPERATIVE LEARNINGTEKNIK DEMONSTRASI UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS 1 SDN SONGGOKERTO 02 BATU. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2.
Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, L. T., & Hernawan, A. H. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEBAGAI SALAH SATU PEMECAHAN MASALAH MASIH KURANGNYA KEAKTIFAN PESERTA DIDIK SAAT PROSES PEMBELAJARAN BERLANGSUNG. Jurnal Edupena, 3.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Ferdiansyah, M. N. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 145–153. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7432

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.