PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 TAMBAKREJO

  • Doni Oktama SMA Negeri 1 Tambak Rejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik melalui penerapan model kooperatif tipe Think-Pair-Share materi Trigonometri kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Tambakrejo. Penelitian ini dilakukan karena peserta didik kesulitan dalam memahami konsep yang sebelumnya telah diketahui oleh peserta didik dengan konsep baru yang akan dipelajari. Peserta didik juga masih kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika terkait masalah kehidupan sehari-hari karena kurangnya pemahaman konsep pada materi sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Tambakrejo. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes materi Trigonometri.
Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe Think-Pair-Share materi Trigonometri kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Tambakrejo, karena peserta didik dapat berdiskusi secara berkelompok dengan teman sebangku. Berdasarkan tes awal, penelitian siklus I, dan siklus II yang dilakukan kepada peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik presstasinya meningkat dari 21,42 % pada siklus I kemudian meningkat 64,28 % pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 3, 2021
How to Cite
OKTAMA, Doni. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 TAMBAKREJO. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 85-103, apr. 2021. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/2504>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v26i1.2504.
Section
Articles