PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI

(PADA MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI)

  • Umaimah Umaimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode diskusi pada mata kuliah sistim informasi akuntansi untuk meningkatkan kemandirian belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Akuntansi Fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik bulan September sampai dengan bulan Oktober 2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 (tiga) kelas pagi yang berjumlah 35 peserta. Masing-masing siklus terdiri dari plan, do, see dengan 5 (lima) siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan Analisis data dilakukan sepanjang proses pelaksanaan tindakan yaitu; merumuskan rencana berdasarkan hasil observasi awal terhadap kondisi peserta dalam proses pembelajaran, bertindak sesuai dengan perencanaan, mengamati hasil dari tindakan yang dilakukan, melakukan refleksi dan kemudian merumuskan kembali rencana berdasarkan informasi yang lebih baik. Hasil penelitian adalah dengan metode diskusi, mahasiswa menjadi lebih mandiri yaitu aktif dalam belajar, mempunyai inisiatif yang baik, kreatif, dan berani mengungkapkan pendapat, serta percaya diri. Pada akhirnya mahasiswa menjadi sangat senang dan antusias dalam mengikuti mata kuliah sistim informasi akuntansi, sehingga kompetensi mahasiswa sesuai dengan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 16, 2017
How to Cite
UMAIMAH, Umaimah. PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 100-109, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/118>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles