ANALISIS PERAN TEAM TEACHING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI MAHASISWA MANAJEMEN ATAS LEMBAGA KEUANGAN

  • Moh. Agung Surianto

Abstract

Tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah, hanya sebesar 21,7 persen. Survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2013 menunjukkan indeks literasi keuangan atau tingkat melek masyarakatIndonesia terhadap industri jasa keuangan dan produknya masih jauh dibandingkan negara-negara tetangga di kawasan ASEAN.


Pembelajaran mata kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Lain yang menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik tentu saja menjadi media penting guna meningkatkan tingkat literasi keuangan masyarakat di Indonesia. Salah satu strategi penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah meningkatkan kemampuan dosen untuk memecahkan masalah pembelajaran secara professional.
Penelitian saat ini bertujuan menganalisis peran team teaching terhadap peningkatan literasi mahasiswa Manajemen atas lembaga keuangan di Indonesia, baik lembaga bank maupun non bank.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data subyek. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan metode triangulasi, dengan melakukan penggabungan data baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; Pertama, metode pembelajaran team teaching memiliki manfaat besar dalam perumusan model pembelajaran secara bersama-sama, materi yang akan disampaikan serta media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses perkuliahan bisa dikaji secara tim. Kedua, metode pembelajaran team teaching membantu menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang ditemui dikelas secara bersama-sama, secara efektif dan lebih cepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 16, 2017
How to Cite
SURIANTO, Moh. Agung. ANALISIS PERAN TEAM TEACHING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI MAHASISWA MANAJEMEN ATAS LEMBAGA KEUANGAN. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 91-99, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/117>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles