Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Argumentatif Melalui Pendekatan Proses Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Budi Utomo Malang Yahmun

  • Ima Widianah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa bahan ajar esai argumentatif melalui pendekatan proses pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP Budi Utomo Malang. Bahan ajar yang sudah dikembangkan selanjutnya dapat menjadi salah satu referensi atau pegangan mahamahasiswa dan dosen dalam matakuliah Writing. Sulitnya menulis tugas-tugas akademik seperti menulis makalah, esai, tugas akhir dan skripsi yang baik serta minimnya bahan ajar menulis esai argumentatif menjadi alasan kuat mengapa penelitian pengembangan ini perlu dilaksanakan. Esai argumentatif merupakan salah satu jenis esai yang sering digunakan dalam urusan akademik. Terlebih apabila hendak melanjutkan pendidikan di luar negeri, esai argumentatif mutlak menjadi persyaratan. Pemilihan pendekatan proses sebagai dasar pengembangan bahan ajar esai argumentatif dikarenakan
pendekatan proses dapat melatih mahamahasiswa menulis secara logis, sistematis, dan memiliki langkah-langkah yang jelas serta mudah dipahami. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) atau biasa disingkat R&D.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 14, 2017
How to Cite
WIDIANAH, Ima. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Argumentatif Melalui Pendekatan Proses Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Budi Utomo Malang Yahmun. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 31-32, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/102>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v24i1.102.
Section
Articles