AKTIVITAS TERAPEUTIK BERMAIN BERBASIS KIDS ATHLETICS GUNA MENGATASI BEHAVIOUR (PERSONALITY ) DAN SOCIAL INTERACTION PROBLEMS ANAK TUNALARAS DI SLB-E PRAYUWANA

  • Erick Burhaein

Abstract

Karya tulis ini mengkaji ilmu secara teoritik dan empiris dengan metode kepustakaan yang bertujuan memberikan wawasan tentang Aktivitas Terapeutik
Bermain Berbasis Kids Athletics guna Mengatasi Behaviour (Personality) dan Social Interaction Problems Anak Tunalaras di SLB-E Prayuwana. Hal ini
penting karena anak tunalaras mempunya hambatan kebutuhan khusus (disability) kepribadian dan sosial ditandai perilaku pribadi dan sosial yang
menyimpang dibandingkan dengan anak pada umumnya. Oleh karena itu guna mengatasi hambatan dan permasalahan anak tersebut, perlu adanya aktivitas
terapeutik melalui bermain sebagai solusi permasalahan kepribadian dan interaksi sosial menyimpang anak Tunalaras. Aktivitas terapeutik bermain
berbasis Kids Athletics akan memberikan pengaruh yang positif guna mengatasi permasalahan behaviour (personality) dan social interaction anak tunalaras di SLB-E Prayuwana. Kepribadian anak Tunalaras akan meningkat positif antara lain terbuka terhadap pengalaman (openness to experience), memiliki sifat
berhati-hati (conscientiousness), extraversion, agreeableness, dan neuroticism.Interaksi sosial pada anak disabilitas tunalaras akan meningkat antara lain
komunikasi (communication), sikap, tingkah laku (behavior) dalam kelompok, dan norma sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 13, 2017
How to Cite
BURHAEIN, Erick. AKTIVITAS TERAPEUTIK BERMAIN BERBASIS KIDS ATHLETICS GUNA MENGATASI BEHAVIOUR (PERSONALITY ) DAN SOCIAL INTERACTION PROBLEMS ANAK TUNALARAS DI SLB-E PRAYUWANA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 31-42, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/101>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v24i1.101.
Section
Articles