PELATIHAN DAKWAH DALAM MENUMBUHKAN PROFESIONALISME MUBALIGH (Studi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik)

  • Noor Amirudin

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu upaya peneliti untuk mencoba mengetahui sejauhmana profesionalisme mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik setelah mengikuti Pelatihan Dakwah (program rihlah dakwah Ramadhan). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data primer berupa informasi-informasi dari lapangan melalui pengamatan secara langsung tentang kegiatan/pelatihan yang dilaksanakan, kemudian sumber data skunder berupa buku-buku materi, serta data-data dokumentasi. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: metode observasi, wawancara, dan dokumetasi. Analisis datanya dengan menggunakan deskriptif analisis dengan mengklarifikasi sesuai dengan permasalahan yang diteliti kemudian disusun dan dianalisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dakwah dalam menumbuhkan profesionalisme mahasiswa untuk menjadi mubaligh muda telah berjalan secara baik selama kurang lebih 14 (empat belas) hari. Hal ini dibuktikan dengan hasil perencanaan dan praktek rihlah dakwah di Dusun Mambung Lor Desa Banjar Agung Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Pertama, karena kematangan dalam perencanaannya dengan merencanakan kegiatan, menentukan sasaran dan tujuan pelatihan dakwah, adapun tujuan pelatihan dakwah yaitu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menjadi mubaligh muda yang professional, dengan memberikan materi, metode dan media yang digunakan. Yang kedua, yaitu adanya pengorganisasian dalam pelatihan dakwah yang tertata rapi. Yang ketiga adalah praktek, praktek dalam pelatihan dakwah, dengan menerjunkan mahasiswa langsung ke dalam ranah masyarakat umum atau disebut dengan rihlah dakwah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 28, 2019
How to Cite
AMIRUDIN, Noor. PELATIHAN DAKWAH DALAM MENUMBUHKAN PROFESIONALISME MUBALIGH (Studi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik). Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 57-64, mar. 2019. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/815>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.815.