Regulasi Emosi Dan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja

  • Devi Violenta Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Kondang Budiyani Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Narastri Insan Utami Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Remaja merupakan pengguna media sosial yang aktif dan rentan mengalami atau melakukan tindakan cyberbullying. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan cyberbullying salah satunya kemampuan meregulasi emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying pada remaja.. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara regulasi emosi dengan perilaku cyberbullying. Metode pengumpulan data menggunakan Skala regulasi emosi dan Skala perilaku cyberbullying. Penelitian ini menggunakan teknik analisisis korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data menghasilkan nilai korelasi sebesar (r) = -0.247 (p < 0,027). Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan negatif antara regulasi emosi dengan perilaku cyeberbullying. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 12, 2022
How to Cite
VIOLENTA, Devi; BUDIYANI, Kondang; UTAMI, Narastri Insan. Regulasi Emosi Dan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 80-88, sep. 2022. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/4557>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4557.
Section
Original Research