Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Datar

  • Ria Dwi Krisnawati SMP Islam Terpadu Al Azhar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar  melalui model pembelajaran problem based leaning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikarenkan masih banyak siswa yang belum tepat melaksanakan langkah – langkah dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Subjek dalam penelitian ini 1 guru dan 12 orang siswa SMP Islam Terpadu Al Azhar Kutorejo. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran problem bansed learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat dan segitiga  . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Sedangkan tekik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum tindakan 17,14%. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning pada PPL 1 kemampuan pemecahan masalah siswa hanya mencapai 65,71%. Pada PPL 2 kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 98,10%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 26, 2022
How to Cite
KRISNAWATI, Ria Dwi. Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Datar. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 37-49, july 2022. ISSN 2723-0600. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/4315>. Date accessed: 28 jan. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v3i1.4315.
Section
Articles