Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbasis LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di SMP Negeri 2 Malinau Selatan Hilir. Tujusn dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning . Sasaran penelitian ini yaitu kelas VII yang berjumlah 7 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Pada kondisi awal berdasar dari nilai ulangan harian KD 3.4 nilai rata-rata klasikal adalah 58,57 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 3 siswa dan jumlah siswa tidak tuntas 4 siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 64,57, pada siklus II meningkat menjadi 72,57 dan pada siklus III rata-rata hasil belajar meningkat lagi menjadi 75,00. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan hanya 57,14%, siklus II meningkat menjadi 85,71% dan siklus III ketuntasan mencapai 100%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model Guided discovery learning berbasis LKPD dapat meningkatkan hasil belajar matematika