Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Analytical Network Process Pada Perusahaan Manufaktur Lampu

  • Adhi Nugraha Universitas Muhammadiyah Malang
  • Muhammad Abdillah Arif
  • Ahmad Mubin

Abstract

Pengukuran kinerja yang selama ini digunakan oleh PT XYZ, sebuah perusahaan manufaktur lampu, hanya fokus pada aspek keuangan saja, sehingga aspek – aspek lain diantaranya aspek pelanggan, aspek proses bisnis internal, dan aspek pembelajaran & pertumbuhan masih belum terukur. Perusahaan perlu merancang suatu metode pengukuran kinerja untuk dapat mengetahui tingkat kinerja perusahaan saat ini, yang juga bisa digunakan sebagai acuan perbaikan dan peningkatan kinerja yang harus dilakukan perusahaan. Permasalahan yang dialami perusahaan terdapat pada aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Dalam penyelesaian masalah kinerja, peneliti menggunakan model Balanced Scorecard untuk perancangan serta Analytical Network Process untuk pembobotan indikator kinerja. Adapun untuk pengukuran kinerja perusahaan menggunakan Objective Matrix dengan evaluasi menggunakan Traffic Light System. Dengan menggunakan beberapa metode tersebut, didapatkan beberapa Key Performance Indicator (KPI) yang dianggap kurang. KPI yang dianggap kurang diberikan usulan perbaikan yang dapat dilakukan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2020
How to Cite
NUGRAHA, Adhi; ARIF, Muhammad Abdillah; MUBIN, Ahmad. Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Analytical Network Process Pada Perusahaan Manufaktur Lampu. MATRIK (Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi), [S.l.], v. 20, n. 2, p. 33 - 42, mar. 2020. ISSN 2621-8933. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/1039>. Date accessed: 10 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v20i2.1039.
Section
Articles