Perancangan UI/UX Aplikasi E-Rapor pada TPQ Berbasis Android menggunakan Metode User Centered Design (UCD)
DOI:
https://doi.org/10.30587/indexia.v5i01.5496Keywords:
E-Rapor, TPQ, User Interface (UI), User Experience (UX), UCDAbstract
Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Sabilul Khoir adalah salah satu lembaga yang tumbuh dan beroperasi di masyarakat desa Karangreja untuk mendidik anak usia dini. Akan tetapi lembaga ini belum memiliki pengelolaan informasi hasil nilai belajar siswa yang berupa digital. Hal ini yang menyababkan pengelolaan informasi hasil nilai belajar siswa dengan cara manual di buku rapor dan itu akan membutuhkan banyak waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka lembaga ini memerlukan suatu perancangan aplikasi e-rapor TPQ. Aplikasi E-Rapor TPQ dirancang sebagai aplikasi android dengan metode UCD (User Centered Design), yang mana pengguna disertakan pada desain prototype. Dengan menggunakan metode user centered design diharapkan bisa membantu permasalahan terkait pengelolaan informasi hasil nilai belajar siswa. Untuk mencapai usability, pengujian dilakukan dengan menggunakan pendekatan cognitive walkthrough, yaitu evaluasi usability user interface (UI). Berdasarkan hasil pengujian dan hasil evaluasi, pengujian cognitive walkthrough berakhir pada iterasi kesatu karena partisipan puas dengan antarmuka pengguna. Skor evaluasi seperti durasi pengujian untuk setiap skenario kurang dari 30 detik, dan kesalahan yang ditemui partisipan saat mempergunakan desain antarmuka merupakan kesalahan kecil dengan tingkat kesalahan kurang dari 50%. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi memiliki antarmuka pengguna yang menarik serta sesuai kepuasan pengguna.
References
[2] A. Diananda, U. Pendidikan, K. Dalam, P. Konsep, and D. Anak, “URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI ANAK,” 2018. [Online]. Available: http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/istighna
[3] D. Muttaqin Benculuk Banyuwangi Rosi Afianingsih and P. UIN KHAS Jember, “Upaya Orang Tua Menumbuh-Kembangkan Karakter Islami Anak Melalui Pembiasaan Mengaji di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ),” Journal of Islamic Education Research, vol. 2, no. 02, 2021, doi: 10.35719/jier.v2i2.126.
[4] A. Subiyakto, V. Adhiazni, E. Nurmiati, N. Hasanati, S. Sumarsono, and Moh. Irfan, “Redesigning User Interface Based On User Experience Using Goal-Directed Design Method,” in 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 2020, pp. 1–6. doi: 10.1109/CITSM50537.2020.9268822.
[5] A. A. Mahfudh and W. R. Saputra, “Perancangan User Interface User Experience Aplikasi E-Ngaji Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Pada TPQ Designing an Android-Based User Interface User Experience Application Using the User Centered Design (UCD) Method at TPQ,” Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, vol. 4, no. 2, pp. 255–262, 2022.
[6] C. Lewis and C. Wharton, “Chapter 30 - Cognitive Walkthroughs,” in Handbook of Human-Computer Interaction (Second Edition), M. G. Helander, T. K. Landauer, and P. V Prabhu, Eds., Second Edition.Amsterdam: North-Holland, 1997, pp. 717–732. doi: https://doi.org/10.1016/B978-044481862-1.50096-0.
[7] A. G. Pramesti, Q. J. Adrian, and Y. Fernando, “PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI PEMESANAN BUKET MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: BOUQUET LAMPUNG),” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 3, no. 2, pp. 179–184, 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
[8] H. Ismatullah and Q. Jafar Adrian, “IMPLEMENTASI PROTOTYPE DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI IKATAN KELUARGA ALUMNI SANTRI BERBASIS WEB,” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 2, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
[9] Y. Wulandari and H. Sulistiani, “RANCANG BANGUN APLIKASI PRESENSI SMS GATEWAY BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER PADA SMKN 1 TRIMURJO,” 2020. [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
[10] Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud, “e-Rapor Kurikulum Merdeka Dikembangkan Sesederhana Mungkin,” Dec. 07, 2022. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/e-rapor-kurikulum-merdeka-dikembangkan-sesederhana-mungkin (accessed Mar. 29, 2023).
[11] P. Teknologi and others, “Pendetaksian Lokasi Rawan Kriminalitas Berbasis Android Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah,” JIRE (Jurnal Inform. Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 1, pp. 52–59, 2019.
[12] I. P. Sari, I. Purnama, and A. A. Ritonga, “Implementasi API pada Aplikasi Al-Qur’an Berbasis Android dengan Metode UCD,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 2, p. 615, Apr. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i2.2913.
[13] C. Lim, A. Clearesta Sumarlie, and D. Andana Haris, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ABSENSI JIKAN DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN,” 2021.
[14] H. Bastian, G. Eko Saputro, and A. Farantikan Yogananti, “Design, Art Education & Culture Studies),” JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Culture Studies), vol. 06, 2021.
[15] I. T. Maulana and R. D. Hary, “Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Diklat Instalasi LAN Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan,” 2019. [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/