Perancangan UI/UX Aplikasi E-Rapor pada TPQ Berbasis Android menggunakan Metode User Centered Design (UCD)

  • Gita Nur Aprilia Sistem Informasi, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • M Noviarsyah Dasaprawira Sistem Informasi, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Sabilul Khoir adalah salah satu lembaga yang tumbuh dan beroperasi di masyarakat desa Karangreja untuk mendidik anak usia dini. Akan tetapi lembaga ini belum memiliki pengelolaan informasi hasil nilai belajar siswa yang berupa digital. Hal ini yang menyababkan pengelolaan informasi hasil nilai belajar siswa dengan cara manual di buku rapor dan itu akan membutuhkan banyak waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka lembaga ini memerlukan suatu perancangan aplikasi e-rapor TPQ. Aplikasi E-Rapor TPQ dirancang sebagai aplikasi android dengan metode UCD (User Centered Design), yang mana pengguna disertakan pada desain prototype. Dengan menggunakan metode user centered design diharapkan bisa membantu permasalahan terkait pengelolaan informasi hasil nilai belajar siswa. Untuk mencapai usability, pengujian dilakukan dengan menggunakan pendekatan cognitive walkthrough, yaitu evaluasi usability user interface (UI). Berdasarkan hasil pengujian dan hasil evaluasi, pengujian cognitive walkthrough berakhir pada iterasi kesatu karena partisipan puas dengan antarmuka pengguna. Skor evaluasi seperti durasi pengujian untuk setiap skenario kurang dari 30 detik, dan kesalahan yang ditemui partisipan saat mempergunakan desain antarmuka merupakan kesalahan kecil dengan tingkat kesalahan kurang dari 50%. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi memiliki antarmuka pengguna yang menarik serta sesuai kepuasan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 10, 2023
How to Cite
APRILIA, Gita Nur; DASAPRAWIRA, M Noviarsyah. Perancangan UI/UX Aplikasi E-Rapor pada TPQ Berbasis Android menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 48-58, may 2023. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/5496>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v5i01.5496.