EDUKASI PERSIAPAN PERSALINAN NORMAL TANPA RASA SAKIT DENGAN METODE INTRATHECAL LABOUR ANALGESIA (ILA)

  • Erythrina Rizki Rahmawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Daniar Hani Lestari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fandi Nur Aghani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Riska Swandari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wiwik Widiyawati
  • Widiharti Widiharti

Abstract

Salah satu kecemasan para ibu menjelang persalinan adalah menghadapi rasa nyeri. Apalagi bagi calon ibu yang belum pernah melahirkan sebelumnya. Nyeri selama persalinan adalah sesuatu yang normal, karena nyeri ini berasal dari kontraksi uterus. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan ibu hamil tentang persiapan persalinan dalam upaya memperkenalkan metode ILA untuk persalinan normal.


            Metode pengabdian masyarakat ini deskriptif, populasinya yaitu ibu hamil yang ada di poli kandungan RS. Muhammadiyah Gresik sebanyak 35 orang. Sampel pengabdian masyarakat ini dipoli kandungan RS Muhammadiyah Gresik. Metode yang digunakan selama pengabdian masyarakat adalah ceramah dan diskusi. Hasil pengabdian masyarakat didapatkan jumlah ibu hamil terbanyak pada rentang usia 20-25 tahun sebanyak 13 orang. Tingkat pendidikan terakhir SMA yaitu sebanyak 22 orang, jenis pekerjaan responden terbanyak tidak bekerja atau ibu rumah tangga sebanyak 19 orang. Tingkat pengetahuan baik sebanyak 23 orang, dari 35 responden. tingkat pendidikan, pekerjaan, jumlah anak, tingkat pengetahuan dengan minat pemilihan metode ILA rata – rata diatas 60%. usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, jumlah anak, tingkat pengetahuan dengan persiapan persalinan rata – rata diatas 30%. Kesimpulan dari edukasi persiapan ibu hamil dengan persalinan normal tanpa rasa sakit dengan metode intrathecal labour analgesia adalah baik. Dari data yang didapatkan jumlah minat ibu hamil yang akan melahirkan dengan metode ILA diatas 80%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 28, 2023
How to Cite
RAHMAWATI, Erythrina Rizki et al. EDUKASI PERSIAPAN PERSALINAN NORMAL TANPA RASA SAKIT DENGAN METODE INTRATHECAL LABOUR ANALGESIA (ILA). Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), [S.l.], v. 3, n. 01, p. 30-34, jan. 2023. ISSN 2746-3818. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijtdh/article/view/4653>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijcdh.v3i01.4653.