Hubungan Praktik Keperawatan Metode Daring Dengan Kepuasan Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Candra Hari Subagyo Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Suratmi Suratmi Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Nurul Hikmatul Qowi Universitas Muhammadiyah Lamongan

Abstract

Praktik keperawatan metode daring merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dibidang keperawatan dengan cara mengarahkan mahasiswanya untuk langsung mempraktekkan kemampuan dan pengetahuannya yang didapat dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan lansung terhadap pasien tetapi dilakukan di lingkungan atau tempat tinggal mahasiswa bukan dirumah sakit atau instansi pelayanan kesehatan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Praktik keperawatan metode daring dengan keuasan mahasiswa semester V Universitas Muhammadiyah Lamongan pada masa pandemic Covid-19.


Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel diambil dengan teknik simple rondom sampling yaitu sebanyak 110 responden . Data dikumpulkan dari responden menggunakan lembar kuesioner Google Form, selanjutnya di uji dengan menggunakan uji Spearman Rho.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa  mahasiswa yang berpendapat Praktik keperawatan metode daring berjalan sangat baik 26,4%, cukup baik 68,2%, dan kurang baik 5,5%. Sedangkam mahasiswa yang merasa sangat puas terhadap Praktik keperawatan metode daring sebanyak 24,5%, cukup puas 70%, dan kurang puas 5,5. Untuk uji Spearman Rho diperoleh nilai signifikansi (sig.2-tailed) = 0,000. Karena nilai Asym. Sig (2-tailed) < α 0,05, maka keputusannya H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada hubungan Praktik keperawatan metode daring dengan kepuasan mahasiswa semester V Universitas Muhammadiyah Lamongan pada masa pandemic Covid-19.


Berdasarkan hasil tersebut diharapkan Praktik keperawatan metode daring yang diselenggarakan oleh pihak kampus berjalan lebih baik lagi dibandingkan dengan pelaksanaan kali ini baik dari segi lingkungan, bimbingan, dan lain-lain. Sehingga akan membuat mahasiswa merasa senang dan nyaman ketika pelaksanaanya, tidak mengeluh serta merasa puas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2022
How to Cite
SUBAGYO, Candra Hari; SURATMI, Suratmi; QOWI, Nurul Hikmatul. Hubungan Praktik Keperawatan Metode Daring Dengan Kepuasan Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 141 - 151, dec. 2022. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/4921>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v3i2.4921.
Section
Articles