Hubungan Praktik Keperawatan Metode Daring Dengan Kepuasan Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Candra Hari Subagyo Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Suratmi Suratmi Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Nurul Hikmatul Qowi Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30587/ijpn.v3i2.4921

Keywords:

Praktik keperawatan, metode daring, kepuasan mahasiswa

Abstract

Praktik keperawatan metode daring merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dibidang keperawatan dengan cara mengarahkan mahasiswanya untuk langsung mempraktekkan kemampuan dan pengetahuannya yang didapat dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan lansung terhadap pasien tetapi dilakukan di lingkungan atau tempat tinggal mahasiswa bukan dirumah sakit atau instansi pelayanan kesehatan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Praktik keperawatan metode daring dengan keuasan mahasiswa semester V Universitas Muhammadiyah Lamongan pada masa pandemic Covid-19.

Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel diambil dengan teknik simple rondom sampling yaitu sebanyak 110 responden . Data dikumpulkan dari responden menggunakan lembar kuesioner Google Form, selanjutnya di uji dengan menggunakan uji Spearman Rho.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  mahasiswa yang berpendapat Praktik keperawatan metode daring berjalan sangat baik 26,4%, cukup baik 68,2%, dan kurang baik 5,5%. Sedangkam mahasiswa yang merasa sangat puas terhadap Praktik keperawatan metode daring sebanyak 24,5%, cukup puas 70%, dan kurang puas 5,5. Untuk uji Spearman Rho diperoleh nilai signifikansi (sig.2-tailed) = 0,000. Karena nilai Asym. Sig (2-tailed) < α 0,05, maka keputusannya H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada hubungan Praktik keperawatan metode daring dengan kepuasan mahasiswa semester V Universitas Muhammadiyah Lamongan pada masa pandemic Covid-19.

Berdasarkan hasil tersebut diharapkan Praktik keperawatan metode daring yang diselenggarakan oleh pihak kampus berjalan lebih baik lagi dibandingkan dengan pelaksanaan kali ini baik dari segi lingkungan, bimbingan, dan lain-lain. Sehingga akan membuat mahasiswa merasa senang dan nyaman ketika pelaksanaanya, tidak mengeluh serta merasa puas.

References

Ahmad Sonhadji. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan. Menuju Peradaban Baru Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).
Amirullah. (2015a). Populasi dan Sampel. In Metode Penelitian Manajemen (2015).
Amirullah. (2015b). Populasi dan Sampel (pemahaman, jenis dan teknik). Wood Science and Technology.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.
Budijanto, D. (2013). Populasi, Sampling, dan Besar Sampel. Kementerian Kesehatan RI.
Hidayat, A.A. (2015). Pengantar Dokumentasi proses keperawatan. Jakarta: EGC
Hutahaean, Serri. (2010). Dokuemntasi Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Kusnan Adius et all. (2019). Physical Assesment dan Dokumentasi Keperawatan. Jakarta.
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta
Notoatmodjo, S. (2012). Pengertian Pengethauan dan Tingkat Pengetahaun Didalam Domain Kognitif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Prilaku. Rineka Cipta, Jakarta.
Nurcahyo, B. H., & Khasanah, I. (2016). Definisi Operasional. Diponegoro Journal of Management.
Nursalam, (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba medika, Jakarta.
Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta :Salemba medika
Nursalam. (2013). Manajemen Keperawatan Apliaksi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.
Rangkuti, Freddy. (2003). Measuring Cutomer Satisfaction: Gaining Costumer Relationship Srategy: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisa Kasus PLN-JP. Jakarta : Gramedia
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Tri Adi Prasetya & Chrisna Tri Harjanto, (2020) Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemic covid-19 , Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 17 No. 2.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Subagyo, C. H., Suratmi, S., & Qowi, N. H. (2022). Hubungan Praktik Keperawatan Metode Daring Dengan Kepuasan Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Professional Nursing, 3(2), 141–151. https://doi.org/10.30587/ijpn.v3i2.4921

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.