Penggunaan Metode Mnemonic Untuk Meningkatkan Kepatuhan Akseptor Dalam Mengkonsumsi Pil KB

  • Diah Eko Martini Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Silvya Putri Ramadhani Universitas Muhammadiyah Lamongan

Abstract

Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang banyak diminati oleh akseptor KB karena alat kontrasepsi ini sangat efektif dan kesuburan dapat langsung kembali bila penggunaan di hentikan, namun angka kegagalannya juga cukup tinggi akibat ketidakpatuhan dalam jadwal mengkonsumsi Pil KB. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang tepat untuk meningkatkan kepatuhan sehingga angka kegagalan bisa diminimalisir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode mnemonic terhadap kepatuhan ibu dalam mengkonsumsi pil KB di Ngimbang kabupaten Lamongan.


Desain penelitian menggunakan pra-eksperimental design dengan pendekatan one group pre test and post test design. Populasinya adalah seluruh ibu yang mengkonsumsi pil KB di di desa Ngimbang Lamongan dengan jumlah sampel sebanyak 33 akseptor Pil KB yang diambil berdasarkan simple random sampling. Instrument menggunakan kuesioner terbuka dan data dianalisis dengan menggunakan uji MC Nemar.


Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan metode mnemonic dari 33 responden sebagian besar (64%) tidak patuh dalam mengkonsumsi Pil KB. Setelah diberikan metode mnemonic hampir seluruhnya (94%) patuh dalam mengkonsumsi Pil KB. Berdasarkan hasil diatas sehingga nilai sig 2 tailed 0,000 (P<0,05) yang artinya terdapat pengaruh metode mnemonic terhadap kepatuhan ibu dalam mengkonsumsi Pil KB Di Desa Drujugurit Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Metode mnemonic merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan ibu untuk meningkatkan daya ingat ibu untuk minum Pil KB sesuai jadwal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 10, 2021
How to Cite
MARTINI, Diah Eko; RAMADHANI, Silvya Putri. Penggunaan Metode Mnemonic Untuk Meningkatkan Kepatuhan Akseptor Dalam Mengkonsumsi Pil KB. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 14 - 21, aug. 2021. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/2794>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v2i1.2794.
Section
Articles