Konsekuensi Kinerja Internal Terhadap Harga Saham: Perataan Laba Sebagai Variabel Intervening

  • Nanda Indah Kirana universitas muhammadiyah gresik

Abstract

Fenomena naik turunnya harga saham dapat dipengaruhi faktor internal perusahaan, maupun faktor eksternal dan pergerakan harga saham ini akan terus dipantau oleh para investor dan calon investor. Karena menurut mereka harga saham akan mempengaruhi keuntungan yang akan diperoleh. Pemain saham atau investor perlu memiliki sejumlah informasi yang berkaitan dengan dinamika harga saham agar dapat mengambil keputusan tentang saham perusahaan yang layak untuk dipilih dan dijadikan tempat yang baik dalam berinvestasi.


Ada banyak faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga saham pada perusahaan diantaranya adalah profitabilitas, ukuran perusahaan. Atas dasar pemikiran tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap harga saham melalui perataan laba dengan menggunakan PLS (Partial Least Squares).


Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Untuk memenuhi tujuan penelitian ini, hipotesis d uji dengan uji Uji Kesesuaian Model (Goodness of Fit) untuk mendapatkan nilai yang signifikan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba serta perataan laba tidak terbukti sebagai variabel intervening.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 2, 2020
How to Cite
KIRANA, Nanda Indah. Konsekuensi Kinerja Internal Terhadap Harga Saham: Perataan Laba Sebagai Variabel Intervening. JIATAX (Journal of Islamic Accounting and Tax), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 63-77, apr. 2020. ISSN 2620-9144. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tiaa/article/view/1579>. Date accessed: 07 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jiatax.v3i1.1579.
Section
Articles