EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI PENYESUAIAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SANTRI DITINJAU DARI TNGKAT PENDIDIKAN

  • Aironi Zuroida

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuktikan psikoedukasi penyesuaian sosial dapat meningkatkan kemampuan penyesuaian pada santri serta membuktikan apakah ada perbedaan pemahaman penyesuaian sosial antara tingkat pendidikan SMP dan SMA. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji Kruskall-Wallis test. Pada hipotesisi pertama diperoleh nilai P = 0.013 (p < 0,05) yang berarti ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penyesuaian pada santri sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hal tersebut membuktikan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pemberian psikoedukasi penyesuaian. Pada hipotesisi kedua diperoleh P = 0.066 (p > 0.05) yang berarti tidak ada perbedaan pemahaman penyesuaian sosial antara tingkat pendidikan SMP dengan SMA. Akan tetapi, apabila di analisa secara terpisah terdapat perbedaan hasil dimana pada siswa SMP teradapat nilai P = 0.109 (P > 0.05), sedangkan hasil analisa pre-test dan post-tes pada santri dengan tingkat pendidikan SMA didapati hasil P = 0.037 (P < 0.05). Perbedaan hasil tersebut dikarenakan adanya perbedaan kemampuan pemahaman mengenai penyesuaian sosial yang dimiliki oleh santri, dimana pemahaman penyesuaian sosial santri tingkat pendidikan SMA lebih tinggi dibandingkan dnegan santri tingkat pendidikan SMP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 8, 2019
How to Cite
ZUROIDA, Aironi. EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI PENYESUAIAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SANTRI DITINJAU DARI TNGKAT PENDIDIKAN. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), [S.l.], v. 13, n. 2, p. 136-143, feb. 2019. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/765>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v13i2.765.
Section
Original Research