EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI PENYESUAIAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SANTRI DITINJAU DARI TNGKAT PENDIDIKAN

Authors

  • Aironi Zuroida

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v13i2.765

Keywords:

Psikoedukasi, Penyesuaian Sosial, Tingkat Pendidikan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuktikan psikoedukasi penyesuaian sosial dapat meningkatkan kemampuan penyesuaian pada santri serta membuktikan apakah ada perbedaan pemahaman penyesuaian sosial antara tingkat pendidikan SMP dan SMA. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji Kruskall-Wallis test. Pada hipotesisi pertama diperoleh nilai P = 0.013 (p < 0,05) yang berarti ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penyesuaian pada santri sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hal tersebut membuktikan adanya pengaruh yang signifikan terhadap pemberian psikoedukasi penyesuaian. Pada hipotesisi kedua diperoleh P = 0.066 (p > 0.05) yang berarti tidak ada perbedaan pemahaman penyesuaian sosial antara tingkat pendidikan SMP dengan SMA. Akan tetapi, apabila di analisa secara terpisah terdapat perbedaan hasil dimana pada siswa SMP teradapat nilai P = 0.109 (P > 0.05), sedangkan hasil analisa pre-test dan post-tes pada santri dengan tingkat pendidikan SMA didapati hasil P = 0.037 (P < 0.05). Perbedaan hasil tersebut dikarenakan adanya perbedaan kemampuan pemahaman mengenai penyesuaian sosial yang dimiliki oleh santri, dimana pemahaman penyesuaian sosial santri tingkat pendidikan SMA lebih tinggi dibandingkan dnegan santri tingkat pendidikan SMP.

Downloads

Published

2019-02-08

How to Cite

Zuroida, A. (2019). EFEKTIFITAS PSIKOEDUKASI PENYESUAIAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SANTRI DITINJAU DARI TNGKAT PENDIDIKAN. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 13(2), 136–143. https://doi.org/10.30587/psikosains.v13i2.765

Issue

Section

Original Research

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.