PENGARUH SCHOOL WELL BEING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Eva Nur Rachmah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh school wellbeing terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis uji korelasi. Populasi penelitian adalah siswa SMP SMP PGRI 47 Surabaya. Pada penelitian digunakan teknik sampling jenuh, sejumlah 50 siswa. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi liner sederhana maka diperoleh dengan koefisien regresi r2 = 0,297 dengan demikian dapat dapat diketahui sumbangan efektif variabel School Well Being sebesar 29,7%. Nilai F hitung sebesar 4,254 pada taraf signifikansi 5% dan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 2,06, hal tersebut berarti persamaan garis regresi good fit untuk memprediksi motivasi belajar melalui prediktor school well being.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 24, 2018
How to Cite
RACHMAH, Eva Nur. PENGARUH SCHOOL WELL BEING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), [S.l.], v. 11, n. 2, p. 99-108, oct. 2018. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/640>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v11i2.640.
Section
Original Research