PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI PENGGUNA GADGET
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran bagaimana perkembangan sosial anak usia dini yang terbiasa menggunakan gadget dalam kesehariannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif terhadap siswa-siswa Pos PAUD Terpadu (PPT) BAHARI Morokrembangan Surabaya sebagai unit analisis, sedangkan unit observasi adalah melihat dari dekat tentang kebiasaan anak-anak usia dini dalam menggunakan gadget tersebut. Fokus dalam penelitian ini anak-anak usia dini usia 4-5 tahun, mengingat pada anak usia dini, merupakan periode emas perkembangan kepribadian anak, yang apabila tidak ditata dan diamati perkembangannya dikhawatirkan akan mempengaruhi kepribadiannya kelak bila sudah dewasa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber wawancara berasal dari para guru dan orang tua siswa PPT BAHARI. Analisis data menggunakan analisis model interaktif yang reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis secara kualitatif diskriptif untuk menguji dan menganalisa sejauhmana pengaruh gadget pada perkembangan sosial anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa perkembangan sosial anak pengguna gadget memang menunjukkan hambatan dalam perkembangan sosialnya. Anak enggan berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang tua, kerabat atau teman sebayanya, dan hampir semua waktunya tidak bisa lepas dari menggunakan gadget. Namun bila orang tua atau lingkungan memberi kesempatan pada anak untuk lebih leluasa melakukan kegiatan lain di luar gadget, maka anak pun akan terpengaruh.