HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SISTEM POIN PELANGGARAN DENGAN TINGKAT PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

  • Nur Rochma Novia Indah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi terhadap sistem poin pelanggaran dengan tingkat perilaku disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gresik tahun pelajaran 2014-2015. Untuk mengukur persepsi terhadap sistem poin pelanggaran menggunakan pilihan jawaban Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat Tidak Sesuai (STS). Sedangkan untuk mengukur perilaku disiplin siswa menggunakan pilihan jawaban Sangat Sering (SS), Sering (S), Pernah (P), dan Tidak Pernah (TP).Untuk menguji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Reliabilitas diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan perhitungannya menggunakan program SPSS 15.0 for Windows. Data kedua variabel diolah dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,327 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,1723 yang berarti signifikan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi terhadap sistem poin pelanggaran dengan tingkat perilaku disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 23, 2018
How to Cite
NOVIA INDAH, Nur Rochma. HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SISTEM POIN PELANGGARAN DENGAN TINGKAT PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 30-39, oct. 2018. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/634>. Date accessed: 07 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v11i1.634.
Section
Original Research