HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN PERSEPSI KUALITAS (PERCEIVED QUALITY) DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK JILBAB
Abstract
Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang ataupun kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Citra merek yang diciptakan dengan baik dapat muncul ketika konsumen merasa harapan telah terpenuhi dengan merek tertentu dan persepsi konsumen terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk sesuai dengan maksud yang diharapkannya, maka terbentuklah kepuasan pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek (brand image) dan persepsi kualitas (perceived quality) dengan kepuasan konsumen pada produk jilbab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswi Aktif Semester Genap tahun 2014-2015 Universitas Muhammadiyah Gresik. Hipotesis dalam penelitian adalah ada hubungan antara citra merek dan persepsi kualitas dengan kepuasan konsumen pada produk jilbab. Metode pengumpulan data dari ketiga variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert. Guna menguji hipotesis, digunakan teknik analisis korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil analisis data diperoleh nilai r hitung = 0,307 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,1194 yang berarti positif signifikan. Serta variabel kedua menunjukkan r hitung = 0,234 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,1194 yang berarti positif signifikan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara citra merek dan persepsi kualitas dengan kepuasan konsumen pada produk jilbab.