HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN PERSEPSI KUALITAS (PERCEIVED QUALITY) DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK JILBAB

  • Nadia Nadia

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang ataupun kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Citra merek yang diciptakan dengan baik dapat muncul ketika konsumen merasa harapan telah terpenuhi dengan merek tertentu dan persepsi konsumen terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk sesuai dengan maksud yang diharapkannya, maka terbentuklah kepuasan pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek (brand image) dan persepsi kualitas (perceived quality) dengan kepuasan konsumen pada produk jilbab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswi Aktif Semester Genap tahun 2014-2015 Universitas Muhammadiyah Gresik. Hipotesis dalam penelitian adalah ada hubungan antara citra merek dan persepsi kualitas dengan kepuasan konsumen pada produk jilbab. Metode pengumpulan data dari ketiga variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert. Guna menguji hipotesis, digunakan teknik analisis korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil analisis data diperoleh nilai r hitung = 0,307 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,1194 yang berarti positif signifikan. Serta variabel kedua menunjukkan r hitung = 0,234 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,1194 yang berarti positif signifikan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara citra merek dan persepsi kualitas dengan kepuasan konsumen pada produk jilbab.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 23, 2018
How to Cite
NADIA, Nadia. HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN PERSEPSI KUALITAS (PERCEIVED QUALITY) DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK JILBAB. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 1-16, oct. 2018. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/631>. Date accessed: 07 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v11i1.631.
Section
Original Research