HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KOMUNIKASI ATASAN KEPADA BAWAHAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN PT. BEHAESTEX BAGIAN DESAIN R&D

  • Hamidah Hamidah

Abstract

Komitmen organisasi merupakan sikap kerja yang mempengaruhi kualitas kinerja seorang karyawan. Salah satu unsur penting yang menentukan komitmen karyawan terhadap organisasi adalah kualitas komunikasi yang terjalin dari atasan kepada bawahan. Adanya kualitas komunikasi yang baik antara atasan kepada bawahan diasumsikan dapat meningkatkan komitmen karyawan terhadap organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat komunikasi atasan kepada bawahan dengan komitmen organsiasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan di Perusahaan PT. Behaestex divisi Design R&D Gresik yang berjumlah 26 karyawan. Hipotesis dalam penelitian adalah ada hubungan yang signifikan antara tingkat komunikasi atasan kepada bawahan dengan komitmen organisasi di Perusahaan PT. Behaestex divisi Design R&D Gresik. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa skala likert, untuk menguji validitas skala menggunakan validitas isi. Reliabilitas diuji dengan menggunakant teknik Alpha Cronbach dan perhitungannya menggunakan program SPSS 15.0 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi r = 0,686, signifikansi = 0,000 ; sig < 0,05. Taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis nol (Ha ) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha ) diterima, artinya ada hubungan yang signifikan antara tingkat komunikasi atasan kepada bawahan dengan komitmen organisasi di Perusahaan PT. Behaestex divisi Design R&D Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 12, 2018
How to Cite
HAMIDAH, Hamidah. HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KOMUNIKASI ATASAN KEPADA BAWAHAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN PT. BEHAESTEX BAGIAN DESAIN R&D. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 91-104, jan. 2018. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/232>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Original Research