HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI DOSEN DENGAN MINAT BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang hubungan antara persepsi terhadap kompetensi dosen dengan minat belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Minat belajar adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan yang mendorong seseorang untuk belajar. Minat belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor fisik, psikis, dan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi terhadap kompetensi dosen dengan minat belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Penelitian ini merupakan tipe penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa aktif Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert dengan 5 (Lima) pilihan jawaban. Validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Uji Reliabilitas skala menggunakan teknik Alpha Cronbach dan program SPSS 18.0 for Windows.Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan rhitung=0,796 lebih besar daripada rtabel yaitu sebesar 0,1548 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil koefisien(r2) dari r=0,7962 =0,6336 menginformasikan bahwa sumbangan variabel persepsi terhadap kompetensi dosen dengan variabel minat belajar sebesar 63,36%. Sedangkan sisanya 36,64% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap kompetensi dosen dengan minat belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik .