RESILIENSI AKADEMIK DAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA MAHASISWA

Authors

  • Prianggi Amelasasih
  • Surya Aditama
  • M. Rafli Wijaya

Keywords:

Resiliensi akademik, Subjective Well-being, Mahasiswa

Abstract

Mahasiswa bertanggung jawab atas dirinya sendiri dalam menentukan tingkat subjective well-being terutama dalam bidang pendidikan, sedangkan untuk mampu mencapai tingkat subjective well-being tersebut dibutuhkan mahasiswa yang mampu dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan proses pendidikannya tersebut. Salah satu tercapainya subjective well-being adalah resiliensi akademik. Studi ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan resiliensi akademik dengan subjective well-being pada mahasiswa. Penelitian ini menganalisis sebanyak 53 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala subjective well-being (SWB) dan Skala Resiliensi Akademik. Metode analisis statistik yang digunakan yaitu analisis korelasi Perason. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara resiliensi akademik dengan subjective well-being (R=0.73, p<0,05).

Downloads

Published

2019-07-08

How to Cite

Amelasasih, P., Aditama, S., & Wijaya, M. R. (2019). RESILIENSI AKADEMIK DAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA MAHASISWA. Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, 1(1), 161–167. Retrieved from https://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/917

Issue

Section

Articles