RESILIENSI AKADEMIK DAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA MAHASISWA

  • Prianggi Amelasasih
  • Surya Aditama
  • M. Rafli Wijaya

Abstract

Mahasiswa bertanggung jawab atas dirinya sendiri dalam menentukan tingkat subjective well-being terutama dalam bidang pendidikan, sedangkan untuk mampu mencapai tingkat subjective well-being tersebut dibutuhkan mahasiswa yang mampu dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan proses pendidikannya tersebut. Salah satu tercapainya subjective well-being adalah resiliensi akademik. Studi ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan resiliensi akademik dengan subjective well-being pada mahasiswa. Penelitian ini menganalisis sebanyak 53 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala subjective well-being (SWB) dan Skala Resiliensi Akademik. Metode analisis statistik yang digunakan yaitu analisis korelasi Perason. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara resiliensi akademik dengan subjective well-being (R=0.73, p<0,05).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 8, 2019
How to Cite
AMELASASIH, Prianggi; ADITAMA, Surya; WIJAYA, M. Rafli. RESILIENSI AKADEMIK DAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA MAHASISWA. Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 161-167, july 2019. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/917>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles