DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN HARDINESS PADA SISWA KELAS X FULL DAY SCHOOL SMAN 1 TARIK SIDOARJO

  • Wulan Retnowati
  • Ghozali Rusyid Affandi

Abstract

Siswa yang besekolah dengan sistem pembelajaran full day school dituntut untuk memiliki ketangguhan (hardiness). Namun banyak faktor yang mempengaruhi agar siswa tetap tangguh saat menjalani proses pendidikannya, salah satunya adalah dukungan sosial orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial Orang Tua dengan Hardiness pada siswa kelas X full day school SMAN 1 Tarik Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasinal. Variabel penelitian ini adalah Dukungan Sosial Orang Tua sebagai Variabel X dan Hardiness sebagai Variabel Y. Populasi dalam penelian ini sebesar 390 siswa kelas X full day school SMAN 1 Tarik dan sampel penelitia sebanyak 195 siswa, teknik pengembilan data menggunakan dua skala psikologi dengan model likert, yaitu skala Dukungan Sosial Orang Tua dan skala Hardiness. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien kolerasi sebesar 0,472 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ada hubungan positif antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hardiness. Dukungan sosial orang tua berupa dukungan informatif memiliki hubungan yang lebih tinggi dengan hardiness dari pada dukungan sosial orang tua lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 3, 2019
How to Cite
RETNOWATI, Wulan; RUSYID AFFANDI, Ghozali. DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN HARDINESS PADA SISWA KELAS X FULL DAY SCHOOL SMAN 1 TARIK SIDOARJO. Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 95-102, july 2019. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/900>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles