DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN HARDINESS PADA SISWA KELAS X FULL DAY SCHOOL SMAN 1 TARIK SIDOARJO
Abstract
Siswa yang besekolah dengan sistem pembelajaran full day school dituntut untuk memiliki ketangguhan (hardiness). Namun banyak faktor yang mempengaruhi agar siswa tetap tangguh saat menjalani proses pendidikannya, salah satunya adalah dukungan sosial orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial Orang Tua dengan Hardiness pada siswa kelas X full day school SMAN 1 Tarik Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasinal. Variabel penelitian ini adalah Dukungan Sosial Orang Tua sebagai Variabel X dan Hardiness sebagai Variabel Y. Populasi dalam penelian ini sebesar 390 siswa kelas X full day school SMAN 1 Tarik dan sampel penelitia sebanyak 195 siswa, teknik pengembilan data menggunakan dua skala psikologi dengan model likert, yaitu skala Dukungan Sosial Orang Tua dan skala Hardiness. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien kolerasi sebesar 0,472 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya ada hubungan positif antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hardiness. Dukungan sosial orang tua berupa dukungan informatif memiliki hubungan yang lebih tinggi dengan hardiness dari pada dukungan sosial orang tua lainnya.