Six Sigma DMAIC Penerapan Six Sigma DMAIC Pada Produk Batu Split (Studi Kasus PT.MBP)

Authors

  • rifatul islamia Teknik Indutstri,Universitas Yudharta Pasuruan
  • subchan Asy'ari Universitas Yudharta pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.30587/matrik.v24i1.5845

Keywords:

Kualitas, defect, Six Sigma, DMAIC

Abstract

PT.MBP merupakan salah satu batching plant dari  PT. MJB yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pemecah batu yang memproduksi produk batu split. Saat ini kualitas produk batu split belum maksimal, Salah satu masalah yang dihadapi adalah adanya produk yang cacat yaitu batu split burik dan berwarna merahPenelitian menggunakan metode Six Sigma six sigma DMAIC (Define, Measure, Analyst, Improve, Control) sehingga dapat dianalisis dan Masalah yang diketahui untuk memperoleh rekomendasi perbaikan.Tujuan penelitian ini untuk Mengidentifikasi,menganalisis defect yang menjadi penyebab terjadinya defect pada produk batu split dan Penggunaan metode six sigma dengan Konsep DMAIC yang bertujuan untuk mengurangi defect untuk peningkatan kualitas produk.Nilai sigma yang didapat  PT.MBP pada bulan Februari adalah 2,345.dengan nilai rata-rata DPMO adalah 183142,502.dan dapat diketahui Faktor penyebab kecacatan meliputi beberapa faktor yaitu Manusia, Metode, Material ,Lingkungan.dengan demikian dapat diberikan rekomendasi dapat dibuat untuk tindakan korektif yang tepat, terutama pemberian pelatihan dan pendidikan kepada karyawan, Pemberian arahan dalam Pemantapan SOP pengecekan bahan baku, Meningkatkan standar kualitas bahan baku yang diterima,dan Melengkapi pekerja dengan perangkat seperti masker dan penutup telinga serta pencahayaan yang tepat selama proses produksi sehingga defect dapat terminimalisir.

References

[1] M. Mukhlizar and M. Muzakir, “Perencanaan Pengendalian Kualitas Batu Bata Dengan Menggunakan Metode Six Sigma Pada Ud. X,” J. Optim., vol. 2, no. 2, pp. 146–157, 2016, doi: 10.35308/jopt.v2i2.182.
[2] N. Shofia, Mustafid, and Sudarno, “Kajian Six Sigma Dalam Pengedalian Kualitas Pada Bagian Pengecekan Produk DVD Players PT X,” J. Gaussian, vol. Volume 4, no. Nomor 1, pp. 71–81, 2015.
[3] P. D. Kepariwisataan and U. S. Semarang, “TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KENTUCKY FRIED CHICKEN,” pp. 13–23, 2000.
[4] sumantri Panjaitan, “Evaluasi Sistem Produksi Menggunakan Metode Six Sigma (DMAIC) Dalam Penurunan Cacat Produk Kertas Jumbo Roll Pada Paper Machine (PM) 3 Di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.,” Sosial, pp. 1–126, 2017.
[5] W. Wahab, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Industri Perbankan Syariah Di Kota Pekanbaru,” J. Kaji. Ekon. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 51–66, 2017, [Online]. Available: http://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/maqdis/article/view/78.
[6] M. S. Arif, C. F. Putri, and N. Tjahjono, “Peningkatan Grade Kain Sarung Dengan Mengurangi Cacat Menggunakan Metode Kaizen Dan Siklus Pdca Pada Pt. X,” Widya Tek., vol. 26, no. 2, pp. 222–231, 2018, doi: 10.31328/jwt.v26i2.796.
[7] Sulaeman, “Speedometer, Fuel unit ,” J. Pasti, vol. VIII, no. 1, pp. 71–95, 2014.
[8] N. Amalia and V. Devani, “Peningkatan Kualitas Semen ‘X’ dengan Metode Six Sigma di Packing Plant PT. XYZ,” J. Tek. Ind., vol. 8 No. 1, no. 1, pp. 1–11, 2018.
[9] D. Kurniawan, “Penurunan Produk Cacat Dengan Metode Six Sigma Dan Continuous Improvement Di PT. Cakra Guna Cipta,” J. Teknol. Dan Manaj. Ind., vol. 5, no. 1, pp. 8–14, 2019, doi: 10.36040/jtmi.v5i1.253.
[10] R. Firmansyah and P. Yuliarty, “Implementasi Metode DMAIC pada Pengendalian Kualitas Sole Plate di PT Kencana Gemilang,” J. PASTI, vol. 14, no. 2, p. 167, 2020, doi: 10.22441/pasti.2020.v14i2.007.
[11] D. Rimantho and Athiyah, “Analisis Kapabilitas Proses Untuk Pengendalian Kualitas Air Limbah di Industri Farmasi,” J. Teknol., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2019.
[12] 2018 : 41) James A.F Stoner, “Landasan Teori اديدج,” Dasar-Dasar Ilmu Polit., pp. 17–39, 1988.
[13] A. Z. Al Faritsy and Angga Suluh Wahyunoto, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Meja Menggunakan Metode Six Sigma Pada PT XYZ,” J. Rekayasa Ind., vol. 4, no. 2, pp. 52–62, 2022, doi: 10.37631/jri.v4i2.707.
[14] M. Fitri, “Penerapan Metode Six Sigma (DMAIC)Untuk Menuju Zero Defect Pada Produk Air Minum Ayia Cup 240 ml,” SAINTEK J. Ilm. Sains dan Teknol. Ind., vol. 3, no. 1, p. 16, 2019, doi: 10.32524/saintek.v3i1.539.
[15] Q. Amin, D. Dwilaksana, and N. Ilminnafik, “Analisis Pengendalian Kualitas Cacat Produk Kaleng 307 di PT.X Menggunakan Metode Six Sigma,” J. Energi Dan Manufaktur, vol. 12, no. 2, p. 52, 2019, doi: 10.24843/jem.2019.v12.i02.p01.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

islamia, rifatul, & Asy’ari, subchan. (2023). Six Sigma DMAIC Penerapan Six Sigma DMAIC Pada Produk Batu Split (Studi Kasus PT.MBP). Matrik : Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 24(1), 63–72. https://doi.org/10.30587/matrik.v24i1.5845

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.