PENENTUAN PEMENUHAN PERMINTAAN PUPUK ORGANIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTI CRITERIA DECISION MAKING (“ STUDI KASUS CV. LADANG INDONESIA CITRA MANDIRI “ )

  • IRWANTO IRWANTO .

Abstract

CV. Ladang Indonesia Citra Mandiri merupakan perusahaan manufaktur untuk produksi barang jadi berupa pupuk organik yang berbahan baku dari kotoran hewan. Pada proses penyaluran barang distributor berperan penting sebagai jembatan langsung barang hasil produksi ketangan konsumen, dan jika produsen kurang tepat dalam memenuhi permintaan akan terjadi banyak komplain serta kerugian bagi pihak produsen. Untuk penentuan pemenuhan permintaan banyak factor yang harus dipertimbangkan antara lain Lama Permintaan, Jarak Pengiriman, Lama Pembayaran, Banyak Permintaan, Kapasitas Gudang, Stock Gudang dan minat konsumen
Penggunaan metode fuzzy Multi Criteria Decision Making, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, dengan cara penyelesaian dengan memberkan bobot peratingan yang berbeda pada setiap kriteria sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan dan juga bertujuan untuk memberikan prioritas atau rekomendasi pemilihan dari suatu permasalahan terutama distributor dengan menggunakan banyak kriteria sebagai penentuan keputusannya. Sehingga dari proses penentuan pemenuhan permintaan mampu menyalurkan hasil barang produksi dengan baik dan tidak mengalami keterlambatan atau kehabisan stock bagi distributor
Dengan proses perhitungan Fuzzy Multi Criteria Decision Making didapatkan hasil perhitungan dari nilai kepentingan, Didapatkan hasil nilai yangs esuai dari data dengan mendapatklan prioritas data tiga besar dari pemilihan distributor yaitu hasil yang diprioritaskan adalah UD Jaya Wijaya dengan nilai 0.547, UD Padi Jaya Sentosa dengan nilai 0.51, dan yang ketiga CV Makmur Sejahtera dengan nilai 0.477, dari hasil tersebut dijadikan acuan bagi perusahaan sebagai bahan pemilihan barang

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 19, 2018
How to Cite
IRWANTO ., IRWANTO. PENENTUAN PEMENUHAN PERMINTAAN PUPUK ORGANIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTI CRITERIA DECISION MAKING (“ STUDI KASUS CV. LADANG INDONESIA CITRA MANDIRI “ ). Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 43-53, sep. 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/557>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v16i2.557.
Section
Articles