ANALISA KETERKAITAN ANTARA LINGKUNGAN KERJA, KESELAMATAN DAN KESEHATAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING

(Studi Kasus : PT. Media Karya Sentosa Gresik)

  • Hendra Hariyadi

Abstract

Meningkatkan produktivitas adalah sebuah perhatian utama berbagai industri, sebagai perusahaan efektivitas dan efisiensi dari sumber daya ke dalam produk yang dapat dipasarkan dan menentukan keuntungan bisnis. Sebagai akibatnya, berbagai indikator dan faktor yang dapat dipertimbangkan telah diarahkan untuk dapat meningkatkan produktivitas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi hubungan lingkungan kerja, keselamatan, dan kesehatan, terhadap produktivitas kerja, dan (2) Mengidentifikasi hubungan lingkungan kerja terhadap keselamatan, serta (3) Mengidentifikasi hubungan lingkungan kerja terhadap kesehatan.
Obyek penelitian ini dilakukan pada industri oil and gas berkelas industri besar, yaitu LPG Plant Media Energy, PT. Media Karya Sentosa Gresik. Data yang digunakan berasal dari data kuisioner yang kembali dan layak untuk diolah sejumlah 108 responden, yang merupakan karyawan PT. Media Karya Sentosa Gresik. Data direkap dengan perangkat lunak SPSS 11 dan menggunakan AMOS 16 untuk mengolah data secara statistik dengan metode Structural Equation Modeling (SEM).
Dengan SEM, diperoleh faktor Lingkungan kerja memiliki pengaruh langsung positif dan tidak signifikan terhadap keselamatan kerja, Kesehatan kerja dan produktivitas kerja. Lingkungan kerja memiliki pengaruh positif secara tidak langsung terhadap produktivitas kerja melalui keselamatan kerja dan kesehatan kerja. Keselamatan kerja memiliki pengaruh langsung negatif namun tidak signifikan terhagap produktivitas kerja, Faktor kesehatan kerja memiliki pengaruh langsung positif yang signifikan terhadap produktivitas kerja,

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 12, 2018
How to Cite
HARIYADI, Hendra. ANALISA KETERKAITAN ANTARA LINGKUNGAN KERJA, KESELAMATAN DAN KESEHATAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 55-65, sep. 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/519>. Date accessed: 01 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v14i2.519.
Section
Articles