MENENTUKAN JUMLAH KARYAWAN YANG OPTIMAL DAN MENGALOKASI KARYAWAN PADA PEKERJAAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK DAN KEMAMPUANNYA DENGAN WORKLOAD DAN JOB ANALYSIS

  • Asheptya Kurniawan

Abstract

CV. Globalindo merupakan suatu oerusahaan dagang yang menjual telepon seluler (ponsel), kartu seluler, aksesoris dan jasa servis (reparasi). Saat ini CV. Globalindo memiliki satu counter pusat dan empat counter cabang, yaitu Counter I, Counter II, Counter III dan Counter IV. Dalam penelitian ini akan dilakukan perhitungan beban kerja pada setiap karyawan dan setiap tim di CV. Globalindo dengan pendekatan Workload Analysis. Setelah beban kerja dari tiap tim diketahui, dilakukan analisa untuk menentukan jumlah karyawan yang optimal pada setiap tim yang akan diusulkan pada pihak perusahaan. Setelah diketahui jumlah karyawan yang optimal masing-masing tim, dilakukan Job Analysis untuk mengalokasikan karyawan pada pekerjaan berdasarkan kemampuannya.Dari hasil peelitian ini diketahui bahwa jumlah keseluruhan karyawan di CV. Globalindo sudah optimal yaitu 33 orang. Akan tetapi jumlah karyawan dari tiap tim masih belumoptimal dan beban kerja kurang merata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 5, 2018
How to Cite
KURNIAWAN, Asheptya. MENENTUKAN JUMLAH KARYAWAN YANG OPTIMAL DAN MENGALOKASI KARYAWAN PADA PEKERJAAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK DAN KEMAMPUANNYA DENGAN WORKLOAD DAN JOB ANALYSIS. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 59-66, july 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/404>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v13i1.404.
Section
Articles