STRATEGI PEMBAHARUAN PT. FIAN WISATA TOURS & TRAVEL DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS TWOS, SPACE DAN GRAND STRATEGY
Abstract
Banyaknya perusahaan yang masih belum mampu mengelola strategi pemasaran akan berakibat pada ketidakmampuan dalam bersaing dengan perusahaan lain di pasar bebas, yang pada akhirnya akan mengalami kebangkrutan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh perusahaan seperti memberikan bonus ataupun diskon, akan tetapi masih belum ada hasil yang memuaskan, dan bahkan perusahaan akan mengalami kemacetan dalam memberikan keuntungan. PT.FIAN WISATA, Tours and Travell berupaya melakukan pembenahan manajemen pemasarannya hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Tiga tahapan yang dilakukan dalam nenyelesaikan masalah diatas yaitu tahap masukan, tahap pencocokan dan tahap kesimpulan. Pada tahap masukan terbagi menjadi tiga jenis data yaitu Matrik Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Matrik Evaluasi Faktor Insternal (EFI) dan matriks Profil Persaingan (CPM). Sedangkan pada tahap Pencocokan digunakan tiga metode yaituMatriks SWOT, SPACE, Internal-Eksternal dan Matriks Grand Strategi. Dan terakhir adalah Tahap Keputusan dengan menggunakan QSPM. Pada matriks SPACE menyarankan agar menggunakan strategi kompetitif dapat berupa persaingan harga yang ketat, peningkatan kualitas pelayanan dan perluasan pasar. Sedangkan pada matriks Grand Strategy menyarankan agar menggunakan strategi intensif yang dapat berupa pembenahan arus kas, manajemen pemasaran/promosinya dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembenahan kekurangan dalam perusahaan itu sendiri.