STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN SENTRA INDUSTRI GULA MERAH (Studi Kasus : Kelurahan X – Kaltim)

  • Wahyuda Wahyuda

Abstract

Pohon kelapa keberadannya bisa bermakna ganda, sebagai pelestari lingkungan pantai dan sekaligus sumber mata pencaharian masyarakat pesisir pantai. Kelurahan X merupakan salah satu lokasi sentra industry gula merah kelapa. Seperti banyak pelaku usaha ini di kawasan lain, kondisinya juga sangat memprihatinkan secara financial, padahal bila dikelola dengan baik maka industry gula merah kelapa ini sangat menjanjikan upah di atas Upah Minimum Propinsi. Studi kelayakan ini dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan dan mengumpulkan data primer dan sekunder baik data formal maupun non formal. Hasil yang didapat adalah sentra industry gula merah kelapa sangat layak untuk didirikan dengan menjanjikan penghasilan di atas Upah Minimum Propinsi Kalimantan Timur.
Peluang pasarnya juga masih terbuka lebar. Layak secara ekonomis dengan nilai NPV Rp 79.983.975, ROR 5,1 % dan Pay Back Period 22 bulan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 2, 2018
How to Cite
WAHYUDA, Wahyuda. STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN SENTRA INDUSTRI GULA MERAH (Studi Kasus : Kelurahan X – Kaltim). Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 124-142, july 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/384>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v10i2.384.
Section
Articles