PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (BSC) DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX)
Abstract
Balanced Scorecard merupakan suatu sistem manajemen, pengukuran, dan pengendalian
yang secar tepat dan tepat dan secara menyeluruh yang dapat memberikan kerangaka
kerja dan berfikir yang integrasif serta pemahaman manajer tentang performance bisnis.
Pengukuran kinerja tersebut memandang unit bisnis dari empat perspektif, yaitu
perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran.
Melalui mekanisme sebab akibat, perspektif keuangan menjadi tolak ukur utama yang
dijelaskan untuk tolak ukur operasioanal pada tiga perspektif lainya sebagai lead
indicators. Berdasarkan hasil pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard
dan Objective Matrix dapat disimpulkan bahwa kinerja di Balai Pelayanan Teknis
Industri Logam dan LIK Sidoarjo mengalami peningkatan sebesar 0.42 dari tahun
sebelumnya, tetapi performansinya harus tetap ditingkatkan lagi karena masih berada
didalam indikator kuning.Hasil dari pengukuran kinerja ini dapat digunakan sebagai bahan masukkan guna meningkatkan kinerja yang ingin dicapai di Balai Pelayanan Teknis Industri Logam dan
LIK Sidoarjo, serta dapat menghasilkan suatu rancangan kinerja yang berguna dalam
meningkatkan kinerja perusahaan.