Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Hasil Omset UMKM Mahasiswa Teknik industri UMG
Abstract
Era globalisasi selalu memberikan perubahan sangat besar pada bidang perekonomian masyarakat. Namun paradigma pemasaran terjadi shifting yang cukup serius. Karena perusahaan yang berdiri cukup lama sudah mengalami disrupsi. Start up bisnis dimulai dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). UMKM mahasiswa teknik industri UMG sedang berjalan. Potensi mahasiswa teknik industri UMG sudah memiliki niat menekuni usaha bisnis. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pemasaran terhadap hasil omset UMKM mahasiswa teknik industri UMG. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode observasi dan angket memperoleh informasi dari responden dalam analisis data digunakan analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, uji autokolerasi nilai koefisien kolerasi (R) adalah 0,0671 yang artinya Strategi pemasaran dan bidang UMKM memiliki kolerasi dereminasi ganda (R square) adalah 0,45 yang artinya bahwa sekitar 45% dari Hasil omset dipengaruhi oleh Strategi pemasaran dan bidang UMKM. Maka dapat diambil kesimpulan Strategi pemasaran berpengaruh terhadap hasil omset bagi mahasiswa jurusan teknik industri UMG
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.