Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Hasil Omset UMKM Mahasiswa Teknik industri UMG

Authors

  • Khoirul Aman Makhrudy Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/matrik.v21i1.1457

Keywords:

Strategi Pemasaran, Omset, Mahasiswa Industri UMG

Abstract

Era globalisasi selalu memberikan perubahan sangat besar pada bidang perekonomian masyarakat. Namun paradigma pemasaran terjadi shifting yang cukup serius. Karena perusahaan yang berdiri cukup lama sudah mengalami disrupsi. Start up bisnis dimulai dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). UMKM mahasiswa teknik industri UMG sedang berjalan. Potensi mahasiswa teknik industri UMG sudah memiliki niat menekuni usaha bisnis. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pemasaran terhadap hasil omset UMKM mahasiswa teknik industri UMG. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode observasi dan angket memperoleh informasi dari responden dalam analisis data digunakan analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, uji autokolerasi nilai koefisien kolerasi (R) adalah 0,0671 yang artinya Strategi pemasaran dan bidang UMKM memiliki kolerasi dereminasi ganda (R square) adalah 0,45 yang artinya bahwa sekitar 45% dari Hasil omset dipengaruhi oleh Strategi pemasaran dan bidang UMKM. Maka dapat diambil kesimpulan Strategi pemasaran berpengaruh terhadap hasil omset bagi mahasiswa jurusan teknik industri UMG

References

Chaniago, Strategi Memajukan Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta: Pustaka. 2002 .
Despiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka : Jakarta. 2000
Hanson, R. Thackeray, B. L. Neiger, C. L. and J. F. McKenzie, ―Enhancing Promotional Strategies Within Social Marketing Programs: Use of Web 2.0 Social Media, Health Promot Pract, vol. 9, no. 4, pp. 338– 343, Oct. 2008.
Oentoro, Deliyanti.Manajemen Pemasaran Modern. LaksBang : Yogyakarta. 2012
Purwanto, Marketing Stategic : Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing, Platinum : Jakarta. 2012
Rewah, Jein Margaret. “Pengaruh Promosi Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Pengusaha Muda Universitas Klabat”. Cogito Smart Journal. Vol. 4, No. 1, ISSN: 2542-2221/e-ISSN: 2477-8079. 2016.
Sayogo, Djoko Sigit. “Studi Kasus Inovasi Ekonomi”. Jounal of marketing. Vol 02 Issue 01 2016. Pp 72-74. ISSN 2528-6269. 2016.
Shinta, Agustina. Manajemen Pemasaran Cetakan pertama. Penerbit UB Presss : Malang. 2011.
Undang-undang Republik Indonesia Nomoer 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Kecil, Mikro dan Menengah.
W. G. Mangold and D. J. Faulds. Social media: The new hybrid element of the promotion mix,Business Horizons, vol. 52, no. 4, pp. 357–365, Jul. 2009.
Wibowo, DH, Zainul Arifin dan Sunarti. 2015. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo )”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)). Vol. 29, No. 1, Desember 2015.

Downloads

Published

2020-09-17

How to Cite

Makhrudy, K. A. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Hasil Omset UMKM Mahasiswa Teknik industri UMG. Matrik : Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 21(1), 41–44. https://doi.org/10.30587/matrik.v21i1.1457

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.