PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KPRI MINA MULYA DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN PROVINSI JAWA TIMUR

Authors

  • BAMBANG SUKARSONO
  • REDY EKO SUPRAPTO

DOI:

https://doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v4i2.597

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) berpengaruh secara simultan, parsial, serta kualitas pelayanan manakah yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan anggota KPRI Mina Mulya Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 responden. prosedur pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, observasi dan kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.  Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0 yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan persamaan regresi linier berganda sebagai berikut : Y = 0,086 + 0,166X1 + 0,263X2 + 0,266X3 + 0,148X+ 0,151X5 + e. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan dilakukan dengan uji F yang menghasilkan Fhitung sebesar 100,034 > 2,3767 Ftabel dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat  secara parsial dilakukan dengan uji T yang menghasilkan Thitung bukti fisik sebesar 2,254, kehandalan sebesar 4,325, daya tanggap sebesar 2,918, jaminan sebesar 2,172, dan empati sebesar 2,168 > 2,0025. Kemudian dilihat dari nilai Standardized Coefficients (Beta) dari masing-masing variabel kualitas pelayanan, yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan anggota KPRI Mina Mulya Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur adalah kehandalan dengan nilai beta sebesar 0,290.

 

Downloads

Published

2017-07-17

How to Cite

SUKARSONO, B., & SUPRAPTO, R. E. (2017). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KPRI MINA MULYA DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN PROVINSI JAWA TIMUR. Jurnal Manajerial, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v4i2.597

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.