Analisis Strategi Pemasaran “UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo” Dengan Menggunakan Metode Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT) Dan Analytical Hierarchy Process (AHP)
Abstract
ABSTRAK
UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo merupakan sebuah UMKM di Semarang yang fokus pada penjualan kerajinan batik. Permasalahan yang dihadapi UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo saat ini yaitu mempertahankan daya saing di industri batik, terutama akibat fluktuasi omset pendapatan setiap bulan yang membuat pendapatan tidak stabil. Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo dapat dikatakan masih kurang promosi yang efektif menjadi kendala utama dalam memperluas pasar dan meningkatkan daya tarik bagi konsumen.Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis strategi yang digunakan untuk memasukkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis dengan menggunakan metode Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT). Selain itu juga perlu untuk menganalisis dan memprioritaskan sejumlah alternatif berdasarkan berbagai kriteria yang mempunyai keunggulan dengan menggunakan metode Analytichal Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil pengolahan data analisis SWOT terhadap UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo, posisi bisnis berada di kuadran 1, yang memungkinkan penerapan Strategi SO (Strength-Opportunity). Dari 3 pilihan strategi pemasaran yang dijelaskan diketahui bahwa alternatif 2 memperoleh nilai bobot tertinggi sebesar 0,64. Strategi terbaik yang dapat diterapkan adalah alternatif 2, yaitu mengembangkan dan memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Shopee , Tokopedia, TikTok, dan Instagram. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik produk sehingga mampu menjangkau pasar lebih luas. Dengan menganalisis SWOT serta perhitungan pembobotan AHP yang cermat, diharapkan UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo dapat mengidentifikasi dan menyarankan strategi pemasaran yang paling efektif dan sesuai bagi UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo untuk meningkatkan kinerja dan daya saingnya di pasar.
Kata Kunci : Analytichal Hierarchy Process (AHP), Pemasaran, Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT).
ABSTRAK
UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo merupakan salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Semarang yang bergerak di bidang penjualan kerajinan batik. Tantangan utama yang dihadapi oleh UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo adalah menjaga daya saing dalam industri batik, terutama karena fluktuasi omzet setiap bulannya yang mengakibatkan pendapatan tidak stabil. Dalam operasional bisnisnya, kurangnya promosi yang efektif menjadi kendala utama dalam memperluas pasar dan meningkatkan daya tarik konsumen. Oleh karena itu, diperlukan analisis strategi untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan usaha dengan menggunakan metode Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT). Selain itu, penting untuk menganalisis dan memprioritaskan sejumlah alternatif berdasarkan berbagai kriteria dengan memanfaatkan keunggulan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil pengolahan data analisis SWOT pada UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo, posisi usaha berada pada kuadran 1 yang memungkinkan penerapan Strategi SO (Strength-Opportunity). Dari 3 pilihan strategi pemasaran yang dianalisis oleh, diketahui bahwa alternatif 2 memperoleh nilai bobot tertinggi yaitu 0,64. Strategi yang dapat diterapkan adalah alternatif 2 yaitu mengembangkan dan memperluas jaringan pemasaran dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Shopee, Tokopedia, TikTok, dan Instagram. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik produk sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan melakukan analisis SWOT dan perhitungan pembobotan AHP yang cermat, diharapkan UMKM Omah Batik Ngesti Pandowo dapat mengidentifikasi dan mengusulkan strategi pemasaran yang paling efektif dan tepat bagi Omah Batik Ngesti Pandowo untuk meningkatkan kinerja dan daya saingnya di pasar.
Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process (AHP), Pemasaran, Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman (SWOT)
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.