STUDI ANALISIS EKONOMI PADA KAPAL PATROL TIPE V21 DENGAN MATERIAL FRP DENGAN MATT 300 DAN MATT 450

Authors

  • Rico Amaluddin Setyawan Universitas muhammadiyah gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/justicb.v5i2.9291

Keywords:

Ekonomi, Kapal patrol tipeV21, Material fiberglass

Abstract

Kebijakan Pemerintah Indonesia untuk menempatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai pusat maritim dunia merupakan langkah visioner yang memerlukan dukungan penuh dari masyarakat Indonesia,  khususnya civitas akademika bidang maritim. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah ini adalah  menghentikan penangkapan ikan ilegal dengan cara menangkap dan menenggelamkan kapal-kapal ikan asing yang beroperasi secara ilegal di wilayah perairan Indonesia. Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan total biaya pembuatan kapal patroli fiberglass menggunakan Mat 300 dan Mat 450  dari perspektif ekonomi dan menentukannya menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Itu saja. Dengan menggunakan material Mat 300 dan Mat 450 untuk pembuatan lambung kapal patroli tersebut, ditambah dengan total biaya alat, material kayu dan tenaga kerja, maka total biaya pembuatan lambung kapal Mat 300 sebesar Rp 76.278.970 juta dan Mat 450 Rp.75.398.470. Diketahui pula, proses pengeringan Mat 300 lebih cepat dibanding Mat 450, yakni membutuhkan waktu sekitar satu jam per luas meter persegi untuk setiap jenis material.

References

[1] M. R. Hatuwe, A. Marasabessy, dan S. Prayitno, “Planning Cost Production Patrol Boat Type V21 Fiber Glass,” Bina Tek., vol. 13, no. 2, hal. 165, 2017, doi: 10.54378/bt.v13i2.215.
[2] R. C. Ariesta, M. S. Arif, dan H. P. Puspitasari, “Comparison of Economical Analysis of Wood And Fiberglass Vessels In Randuboto Village, Gresik Regency, East Java,” Econ. Soc. Fish. Mar., vol. 006, no. 01, hal. 73–82, 2018, doi: 10.21776/ub.ecsofim.2018.006.01.07.
[3] B. Kusuma Aditya et al., “Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil Studi Teknis Dan Ekonomis Dimensi Konstruksi Kapal Kayu Berdasarkan BKI,” vol. 03, no. September, hal. 82–87, 2020.
[4] S. Sulasminingsih et al., “Studi Ekonomi Teknik Pembuatan Perahu Cadik Jenis,” vol. 13, hal. 205–213, 2017.
[5] H. Ivandri, I. P. Mulyatno, dan Kiryanto, “Analisa Perbandingan Ekonomis Pada Kapal Ikan FRP ‘KM.BBPI- 3’ Mesin Inboard Dengan Kapal Ikan Tradisional Mesin Outboard Longtail,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 4, hal. 785, 2017, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval
[6] D. achma Imron Muhammad, “Techno-Economy Analisys of PSP 01 Boat Lamination In Palabuhan Ratu , West Java Oleh : Staf Pengajar Departemen PSP-FPIK-IPB,” vol. 2, no. 3, hal. 315–332, 2018.
[7] D. Utama, W. D. Aryawan, D. Setyawan, M. S. Arif, dan S. I. Wahidi, “Pelatihan dan Pembuatan Kapal Long Boat Fiberglass untuk Masyarakat Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan,” Sewagati, vol. 8, no. 1, hal. 1103–1115, 2023, doi: 10.12962/j26139960.v8i1.787.
[8] A. A. Mubarak, “Analisis Tahanan dan Biaya Material Kapal Perikanan Fiberglass Pada Perairan Kabupaten Buton Selatan,” JTT (Jurnal Teknol. Terpadu), vol. 10, no. 2, hal. 142–150, 2022, doi: 10.32487/jtt.v10i2.1569.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Setyawan, R. A. (2025). STUDI ANALISIS EKONOMI PADA KAPAL PATROL TIPE V21 DENGAN MATERIAL FRP DENGAN MATT 300 DAN MATT 450. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 5(2), 206–213. https://doi.org/10.30587/justicb.v5i2.9291

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.