ANALISIS PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN MARKETING MIX UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK (STUDI KASUS : PT. IBRAHIM BIN MANRAPI)
Abstract
Industri Sarung Tenun Lamiri PT Ibrahim Bin Manrapi berlokasi di JL. Prof A Malik Ibrahim, No. 24, Gapuro Sukolilo, Gapuro Sukolilo, Bedilan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61113,. Industri Sarung Tenun Lamiri PT Ibrahim Bin Manrapi adalah produsen sarung tenun yang telah berdiri sejak 1939 bisnisnya di Tengah persaingan bisnis sarung tenun yang tinggi. Dengan tingkat persaingan yang tinggi Industri Sarung Tenun Lamiri PT Ibrahim Bin Manrapi memerlukan inovasi strategi berdasarkan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan menggunakan Analisis SWOT & bauran pemasaran (4p). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi internal & ekstenal Industri Sarung Tenun Lamiri PT Ibrahim Bin Manrapi, Memperoleh alternatif strategi yang sesuai dengan kondisi internal & eksternal menggunakan SWOT, memperoleh prioritas strategi untuk Industri Sarung Tenun Lamiri PT Ibrahim Bin Manrapi menggunakan Bauran pemasaran Process (4p), dan mendapatkan sistem pemasaran dari strategi yang diprioritaskan pada Industri Sarung Tenun Lamiri PT Ibrahim Bin Manrapi. Hasil dari analasis Matriks IFAS & EFAS menunjukkan bahwa Industri Sarung Tenun Lamiri PT Ibrahim Bin Manrapi berada pada kuadran III yang memiliki arti Industri Sarung Tenun Lamiri PT Ibrahim Bin Manrapi harus merubah strateginya untuk memanfaatkan nilai peluang yang lebih besar dari ancaman, walaupun nilai kelemahan lebih besar dibandingkan nilai kekuatan yang ada pada Industri Sarung Tenun Lamiri PT Ibrahim Bin Manrapi. Dari Analisis SWOT didapatkan alternatif strategi yang dibagi menjadi kelompok yaitu Niche Market, Mass Market, Penetration Market dan Development Market dari strategi yang didapat dari Analisis SWOT dipilihlah strategi yang diprioritaskan menggunakan bauran pemasaran (4P)
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.