STRATEGI PENGEMBANGAN PADA UMKM “PADDOCK KOPI” DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM
Abstract
Bisnis makanan atau yang biasa disebut kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena makanan menempati urutan teratas dalam pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Pada saat ini jumlah restoran mengalami peningkatan salah satunya di kota Gresik, daerah di Propinsi Jawa Timur yang merupakan kota terbesar kedua setelah Surabaya . Matriks SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Dengan menggunakan analisis SWOT akan diperoleh beberapa alternatif strategi yang saling memiliki keterkaitan antar alternatif, namun alternatif yang diperoleh perlu dibobotkan karena tingkat kepentingan dari tiap alternatif berbeda. Tahapan dalam metode QSPM terdiri dari 3 tahapan yaitu, tahap input data, tahap pencocokan dan tahap pengambil keputusan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.