USULAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL SARUNG TENUN DENGAN METODE SWOT DAN STP DI UD. BIN ARISUSULAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL SARUNG TENUN DENGAN METODE SWOT DAN STP DI UD. BIN ARIS

  • Achmad Fazar Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

  1. Bin Aris merupakan UMKM yang bergerak dibidang konveksi sarung tenun dan telah berdiri sejak tahun 2001. Dalam proses pemasaran produknya UD. Bin Aris tidak lepas dari penjualan produk. Terdapat permasalahan yang dihadapi UD. Bin Aris yaitu terjadi penjualan naik turun (fluktuatif) terutama pada masa pandemi serta adanya beberapa pesaing sejenis sehingga perusahaan harus merancang strategi pemasaran yang lebih baik. Untuk itu penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui strategi apa yang diterapkan oleh UD. Bin Aris dalam pemasaran produk sarung tenun. Pada penelitian ini menggunakan metode SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats) dalam analisis SWOT terdapat beberapa matrik yaitu matrik IFE-EFE dan menggunakan metode STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning). Dengan melakukan pendekatan matriks IFE-EFE dalam mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap penjualan produk. Dalam matriks IFE dan EFE dapat mengetahui nilai peringkat dan bobot dan skor bobot, matrik I-E digunakan untuk mencari devisi sel perusahaan dan selanjutnya pada metode STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning). Dari kedua metode tersebut kemudian didapatkan hasil strategi pemasaran produk sarung tenun pada kuadran V yaitu dapat ditangani dengan baik melalui strategi menjaga dan mempertahankan, penetrasi pasar dan pengembangan produk. Kuadran tersebut berasal dari nilai total skor bobot matrik IFE (2,93) dan nilai total skor bobot matriks EFE (2,98).

Kata Kunci : Analis SWOT, Matriks IFE-EFE dan STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning)


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 11, 2024
How to Cite
FAZAR, Achmad. USULAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL SARUNG TENUN DENGAN METODE SWOT DAN STP DI UD. BIN ARISUSULAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL SARUNG TENUN DENGAN METODE SWOT DAN STP DI UD. BIN ARIS. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 9-16, dec. 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/8495>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v5i1.8495.
Section
Articles