USULAN TATA LETAK FASILITAS PENYIMPANAN PUPUK UREA NON SUBSIDI UNTUK MENGOPTIMALKAN KAPASITAS PENYIMPANAN ZONA DAN EFISIENSI AKTIVITAS PERPINDAHAN PRODUK

  • Abdurrohim Fatah -
  • Dedy Setyo Oetomo
  • Asep Hermawan

Abstract

Penyimpanan produk pupuk urea non subsidi pada gudang bagging PT. Pupuk Kujang Cikampek masih bisa dioptimalkan. Hal ini karena pada penyimpanan beberapa kemasan produk seperti penyimpanan kemasan 5kg yang tidak bisa ditumpuk mengakibatkan pada periode tertentu penyimpanan porudk ini cukup banyak menggunakan space pada gudang. Penyimpanan pada produk 25kg, 50kg dan Jumbo dilakukan secara acak dengan mengisi slot kosong hal ini seringkali terlihat produk tercampur dengan kemasan lain. Maka dilakukan penelitian untuk perbaikan pada tata letak penyimpanan tersebut yang bertujuan menghasilkan jarak perpindahan produk dan ongkos material handling yang minim serta mengoptimalkan kapasitas area penyimpanan produk tersebut. Metode class based storage digunakan dalam menetukan produk-produk yang sering masuk-keluar gudang sehingga memudahkan pembuatan layout usulan. Dibandingkan dengan layout exisiting, layout usulan menggunakan metode tersebut menghasilkan penurunan perpindahan jarak sebesar 56%, 3% pada ongkos material handling yang dikeluarkan serta kenaikan 9% pada kapasitas penyimpanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2024
How to Cite
FATAH, Abdurrohim; OETOMO, Dedy Setyo; HERMAWAN, Asep. USULAN TATA LETAK FASILITAS PENYIMPANAN PUPUK UREA NON SUBSIDI UNTUK MENGOPTIMALKAN KAPASITAS PENYIMPANAN ZONA DAN EFISIENSI AKTIVITAS PERPINDAHAN PRODUK. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 4, p. 480-489, sep. 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/8145>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i4.8145.
Section
Articles