PERANCANGAN DESAIN CASSING HARDCASE HANDPHONE DENGAN KONSEP KANO MODELING DAN KANSEI ENGINEERING
Abstract
Persaingan produk menjadi tantangan bagi perusahaan. Kebutuhan pengembangan produk penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen salah satunya adalah produk hardcase. Teknologi handphone yang berkembang berdampak pada gaya hidup masyarakat. Produk hardcase selain menjadi pelindung handphone pada dekade terakhir bergeser menjadi salah satu kebutuhan gaya hidup. Inovasi produk hardcase menjadi penting untuk meningkatkan pemasaran sesuai kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah merancang ulang desain produk hardcase untuk meningkatkan daya tarik yang lebih pada konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan pendekatan kano modeling dan kansei enggineering. Penggunaan kano model difungsikan untuk mengkategorikan kebutuhan konsumen sesuai atribut yang ditentukan berdasarkan seberapa baik produk atau jasa tersebut mampu memuaskan kebutuhan konsumen. sedangkan kansei engginering difungsikan menerjemahkan kebutuhan emosional konsumen terhadap desain yang konkert terhadap produk hardcase. Hasil penelitian menunjukan metode kano modelling menghasilkan perbaikan atribut berdasarkan indikator fungsional dan disfungsional pada variabel pengunaan hardcase memperoleh skor tertinggi dengan nilai 0.72 dan variabel kemasaan mendapatkan skor terendah dengan nilai 0.51, Kemudian dilakukan identifikasi kansei engineering berdasarkan penilaian signifikansi anova, dengan 10 atribut variabel dependent diperoleh 9 atribut variabel dependent menarik,bahan, awet, desain, warna, ukuran, acssesoris, fungsi, daya tahan menghasilkan nilai sig 0.000 sehingga atribut layak dikembangkan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.